Kompas.com - 22/10/2021, 21:30 WIB
Ilustrasi membersihkan dapur. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIOIlustrasi membersihkan dapur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsekuensi terburuk dari menggoreng makanan di dapur adalah meninggalkan residu lengket di berbagai perangkat elektronik dan furnitur lainnya di dapur.

Seperti dilansir dari Taste of Home, Jumat (22/10/2021), residu minyak goreng akan tertinggal di berbagai perangkat memasak seperti kompor, oven, bahkan meja dapur.

Untuk menghilangkannya, ada beberapa cara membersihkan noda cipratan minyak goreng di dapur yang bisa dicoba seperti di bawah ini. 

Baca juga: Tips Mengatur Dapur Kecil agar Tetap Rapi 

Backsplash

Cara terbaik membersihkan backsplash adalah secara alami. Caranya, peras lemon ke dalam gelas ukur dan menuangkannya ke dalam botol semprot. Berhati-hatilah untuk menghindari ampas dan biji-bijian.

Lemon adalah agen pembersih yang dapat menghilangkan noda minyak secara langsung. Semprotkan residu minyak dan diamkan selama beberapa menit. Bersihkan dengan kain lembap dan keringkan permukaan dengan handuk bersih. 

Baca juga: 8 Hal yang Harus Diketahui tentang Dapur Modern 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kompor

Untuk membersihkan residu minyak di kompor, lepaskan semua bagian kompor yang bisa dilepas. Kemudian, isi sebuah wadah dengan air panas dan sabun cuci piring atau isi bak plastik besar dengan air sabun panas.

Setelah itu, rendam semua bagian kompor yang bisa dilepas tersebut ke dalam air dan biarkan bagian-bagiannya meresap saat mengelap kompor.

Campuran sederhana soda kue, garam, dan sabun cuci piring akan mengatasi noda dan lemak makanan yang dimasak.

Gunakan sikat scrub dapur untuk mengerjakan bagian-bagian kecil. Angkat dan keringkan bagian-bagiannya, lalu pasang kembali. 

Baca juga: Tips Membuat Dapur Minimalis dan Bebas Berantakan

Oven

Jika yang terkena minyak di bagian dalam oven, gunakan tisu kertas yang dibasahi untuk mengambil apa pun yang tertinggal. 

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.