Kompas.com - 16/10/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi lemari dapur. SHUTTERSTOCK/ARTAZUMIlustrasi lemari dapur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengecat lemari dapur adalah cara populer untuk menyegarkan ruangan tanpa menghabiskan banyak uang untuk membeli lemari baru. Adapun warna populer lemari dapur adalah warna-warna netral seperti putih, abu-abu, atau warna alami kayu.

Akan tetapi, apakah sebenarnya Anda bisa bebas memilih warna lemari dapur agar tampilan dapur tetap menarik dan sedap dipandang?

Para ahli menyarankan untuk berhati-hati agar tidak menggunakan warna-warna cerah atau berani jika Anda mencoba meningkatkan nilai jual kembali rumah.

Baca juga: 7 Cara Mudah Menambahkan Warna ke Dekorasi Dapur

“Ada warna-warna berani yang jelas yang akan saya hindari untuk digunakan oleh pemilik rumah di lemari dapur, seperti hot pink, oranye cerah, kuning fluorescent, dan ungu,” kata Colleen Toner, agen real estat di Lynn, Massachusetts, Amerika Serikat seperti dikutip dari Apartment Therapy, Sabtu (16/10/2021).

“Sebagian besar konsumen lebih menyukai warna-warna netral, putih, abu-abu, cokelat, dan bahkan mungkin beberapa nuansa biru atau hijau antik,” imbuh Toner.

Adapun meski warna hitam bisa menjadi sentuhan akhir yang umum di tempat lain di rumah, Toner tidak menyarankan penggunaannya di dapur. Sebab, dapur adalah ruangan yang seharusnya terasa menyenangkan, cerah, dan lapang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Hitam sangat kuat dan memiliki nuansa muram," ungkap dia.

Baca juga: 3 Pilihan Warna Dapur yang Memberikan Efek Luas dan Tenang

Sementara itu, Jennifer Lozada, pemilik Fresh Start Interiors di Concord, Massachusetts mengakui bahwa dia bukan penggemar berat mengecat lemari dapur secara umum, kecuali jika benar-benar tidak ada anggaran untuk membeli yang baru. Ia pun menyarankan bantuan profesional.

"(Profesional) akan meluangkan waktu untuk mempersiapkan mereka dengan benar dengan pembersihan, pengamplasan, priming, dan mudah-mudahan menyemprot pintu di luar lokasi untuk hasil akhir terbaik," ujar dia.

Lozada mengatakan warna netral terang umumnya merupakan warna terbaik bagi lemari dapur di rumah yang akan dijual kembali karena menarik bagi kebanyakan orang. Akan tetapi, dia menyarankan untuk tidak mengecat lemari dapurbdengan warna kelabu tua atau krem.

“Ada kecenderungan orang-orang secara tidak sengaja menjadi terlalu hangat, dengan nada emas atau cokelat, dan kemudian itu akan menjadi kesalahan yang sulit diperbaiki," jelas dia.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.