Kompas.com - 17/09/2021, 07:20 WIB
Ilustrasi laba-laba. PIXABAY/AMANDADIlustrasi laba-laba.

JAKARTA, KOMPAS.com - Apakah Anda ingin mengusir laba-laba di rumah secara alami? Anda bisa menggunakan tanaman, seperti sejumlah tanaman hias dan tanaman herbal tertentu.

"Banyak yang tidak tahu bahwa banyak tanaman hias yang harum dapat melakukan hal itu (mengusir laba-laba)," kata Evie Lane, ahli tanaman di Primrose seperti dikutip dari Country Living, Jumat (17/9/2021).

"Kebanyakan tanaman pencegah laba-laba memiliki bau yang kuat karena tanaman aromatik umumnya lebih efektif dalam mengusir serangga, tetapi mereka juga tetap harum di rumah Anda," imbuh Lane.

Baca juga: Micin Bisa Suburkan Tanaman, Begini Caranya

Berikut beberapa tanaman pengusir laba-laba yang dapat diletakkan di dalam maupun di luar rumah Anda. 

Ilustrasi Basil, menanam sayuran organik. PIXABAY/JING Ilustrasi Basil, menanam sayuran organik.

1. Basil atau kemangi

Kemangi sangat bagus dalam mengusir laba-laba, serta serangga lain seperti semut, lalat rumah, dan nyamuk. Tanaman ini memang populer sebagai pelengkap makanan, tetapi aromanya yang harum akan mencegah kehadiran laba-laba.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cukup ambil beberapa pot kemangi dan letakkan di sekitar titik masuk di rumah.

"Tanaman herbal ini dapat ditanam di area mana pun di rumah Anda, asalkan mendapat akses ke sinar matahari langsung selama empat hingga lima jam per hari," ujar Lane.

Baca juga: Catat, Ini Penyebab Daun Tanaman Cabai Menguning

2. Lavender

Jika Anda ingin menghindari penggunaan bahan kimia berbahaya, lavender adalah alternatif yang aman dan efektif untuk membasmi laba-laba. Cukup ambil potongan dari semak lavender, ikat menjadi satu, lalu gantung di setiap ruangan di rumah.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.