Kompas.com - 16/09/2021, 21:45 WIB
Ilustrasi wallpaper dengan palet warna menenangkan di kamar tidur. SHUTTERSTOCK/Photographee.euIlustrasi wallpaper dengan palet warna menenangkan di kamar tidur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menggunakan wallpaper sebagai pelapis dinding merupakan salah satu cara mendekorasi ruangan yang sering digunakan banyak orang.

Namun, penggunaan wallpaper yang cukup lama sering kali menimbulkan jamur pada dinding yang ditempeli wallpaper. 

Baca juga: 4 Tips Memasang Wallpaper Kamar Mandi 

Melansir dari Home Guides SF Gate, Kamis (16/2021), jamur yang menempel di balik wallpaper, bahkan di dinding, dapat mengganggu kesehatan serta merusak interior rumah. Satu-satunya cara menghilangkan jamur adalah melepas wallpaper.

Berikut ini beberapa langkah yang harus dilakukan untuk menghilangkan jamur dari wallpaper dilansir dari How To Clean Stuff. 

Baca juga: 5 Ide Wallpaper Mewah untuk Kamar Tidur

Lepaskan wallpaper dari dinding 

Pertama, Anda harus mengenakan perlengkapan pelindung seperti sarung tangan dan masker. Sebab, spora jamur bisa menjadi racun bagi kulit, mata, bahkan paru-paru.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah pelindung diri lengkap, kelupas atau cabut wallpaper yang sudah usang secara perlahan.   

Baca juga: Aturan dan Cara Tepat Memasang Wallpaper Kamar Mandi agar Tahan Air 

Gunakan pemutih 

Setelah semua wallpaper dilepas, saatnya membersihkan lapisan jamur yang telah berkembang. Isi ember dengan satu bagian air dan satu bagian pemutih, kemudian basahi spons dengan larutan pemutih. 

Bersihkan dinding 

Mulailah dari atas dan bersihkan dinding dengan spons yang telah dibasahi. Bersihkan setiap area meski tampaknya tidak ada jamur.

Spora jamur berukuran sangat kecil dan tidak dapat terlihat. Jadi, bersihkan seluruh permukaan dinding yang ditempeli wallpaper secara menyeluruh. 

Baca juga: Cara Membuat Wallpaper Waterproof untuk Kamar Mandi 

Biarkan mengering 

Setelah semua prosesnya selesai, Anda harus membiarkan dinding sampai benar-benar kering. Saat proses pembersihan, jauhkan lokasi dari anak-anak dan hewan peliharaan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.