Kompas.com - 16/09/2021, 20:13 WIB
Ilustrasi kucing di taman. PIXABAY/KADISHAIlustrasi kucing di taman.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing memiliki warna bulu yang berbeda-beda sesuai dengan pigmennya. Bahkan, Anda mungkin pernah melihat kucing yang seharusnya berwarna hitam, tetapi bulunya malah berwarna coklat kemerahan.

Atau mungkin Anda pernah melihat kucing dengan bulu gelap di punggung, ekor, wajah, dan kakinya, atau ada salah satu kucing yang berubah warna bulunya.

Melansir dari Catster, Kamis (16/9/2021), ada beberapa faktor yang memengaruhi warna kucing dan mengapa bulu kucing dapat berubagh warna seiring waktu, seperti berikut ini.

Baca juga: Mengapa Kucing Makan Terlalu Cepat? Ini Alasannya

1. Suhu dapat memengaruhi warna bulu kucing

Pada kucing siam, himalaya, dan kucing oriental lainnya, warna bulu kucing ditentukan oleh suhu kulitnya. Kulit lebih dingin di ekstremitas tubuh, seperti di kaki, ekor, dan telinga atau wajah.

Itulah sebabnya mereka memiliki tubuh berwarna putih atau krem dan “titik” yang lebih gelap. Tapi suhu kulit bukan satu-satunya faktor penentu. Suhu lingkungan kucing dapat memiliki efek yang sama, ada kucing siam yang menjadi lebih gelap di bulan-bulan saat cuaca sedang dingin.

2. Sinar matahari bisa mengubah warna bulu kucing

Percaya atau tidak, kucing berwarna gelap bisa memutih di bawah sinar matahari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika kucing Anda sering berada di luar ruangan, atau jika ia menghabiskan waktunya berbaring di area yang cerah di dalam ruangan, bulunya mungkin menjadi lebih terang.

Baca juga: 5 Ras Kucing Terpopuler dan Banyak Dipelihara di Indonesia

3. Nutrisi berperan dalam warna bulu kucing

Diet yang kekurangan asam amino tirosin dapat menyebabkan warna rambut kucing hitam berubah dari hitam menjadi kemerahan.

Tirosin diperlukan untuk membuat melanin, pigmen gelap pada bulu kucing, dan jika kucing tidak mendapatkan cukup tirosin dalam makanannya, bulu gelapnya dapat memudar.

Masalah nutrisi lainnya seperti kekurangan zat tembaga dan kelebihan seng juga dapat menyebabkan bulu hitam menjadi lebih terang.

Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter hewan sebelum memberi kucing Anda suplemen apa pun, karena perubahan warna bulu juga bisa mengindikasikan penyakit ginjal, hati, atau tiroid.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Catster
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.