Kompas.com - 16/09/2021, 11:02 WIB
Ilustrasi makanan kucing, kucing sedang makan. SHUTTERSTOCK/ALEXANDERDUBROVSKYIlustrasi makanan kucing, kucing sedang makan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Makan menjadi hal dasar untuk semua makhluk hidup bisa hidup dan tumbuh dengan sehat, salah satunya kucing peliharaan. Terkadang, beberapa kucing memiliki masalah dalam proses kegiatan makan ini, yaitu terlalu cepat menyantap makanannya.

Seperti yang dilansir dari Cuteness, Kamis (16/9/2021), seperti manusia, kucing makan terlalu cepat dapat menghadapi sejumlah efek samping, dan mungkin memerlukan bantuan untuk memperlambatnya.

Jika kucing Anda makan terlalu cepat, ada beberapa trik dan solusi yang dicoba dan benar yang dapat membantunya makan dengan kecepatan yang stabil dan menyenangkan.

Baca juga: 5 Ras Kucing Terpopuler dan Banyak Dipelihara di Indonesia

Mengapa kucing makan terlalu cepat?

Ada beberapa alasan mengapa kucing makan terlalu cepat, alasan yang paling sederhana adalah mereka sangat lapar. Ini mungkin karena mereka tidak mengikuti jadwal makan yang teratur, atau kasus dalam rumah yang memiliki kucing banyak, dia mungkin bersaing untuk mendapatkan makanannya.

Beberapa kucing yang dulunya piatu atau kucing yang makanannya mungkin langka mungkin juga makan dengan cepat atau menyembunyikan sedikit makanan dari kebiasaan lama.

Alasan lain mengapa kucing terlalu cepat makan adalah mereka bosan atau kurang terstimulasi secara mental yang tidak jarang terjadi pada kucing dalam rumah dan kucing dewasa muda yang membutuhkan olahraga teratur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Efek samping makan cepat

Salah satu akibat umum dari makan terlalu cepat adalah regurgitasi, yang dapat terjadi saat kucing memuntahkan makanannya sendiri.

 

Baca juga: Alasan Kucing Melakukan Gerakan Melingkar Sebelum Tidur

Muntah terjadi ketika refleks peregangan kucing di perut menjadi terpicu, jelas Bishop Ranch Veterinary Center, dan biasanya muncul sebagai potongan makanan yang tidak tercerna, seringkali dalam bentuk tabung atau bulat.

Kucing diketahui memuntahkan secara teratur, berkat kebiasaan perawatannya yang teratur dan muntah yang diinduksi untuk merasa sehat.

Akan tetapi, jika kucing muntah secara teratur, seperti lebih dari beberapa kali per bulan, Anda harus harus segera mengatasinya.

Selain itu, makan terlalu cepat dapat merusak tubuh kucing secara permanen, terutama jika kucing menyukai makanan kering.

Halaman:


Sumber Cuteness
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.