Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Kucing Bisa Merasa Kesepian? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 15/09/2021, 16:53 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Catster

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing adalah salah satu hewan teritorial, yakni memiliki kekuasaan pada suatu tempat yang ditinggalinya. 

Teritorial ini sering kali membuat masalah dan kesalahpahaman dengan kucing lain, yang membuat kucing seolah menjadi hewan yang tidak berteman dengan sesamanya. 

Baca juga: 6 Perilaku Manusia yang Dibenci Kucing

Betulkan kucing tidak butuh sesama? Apakah kucing tidak merasa kesepian? Apakah kucing membutuhkan kucing lain untuk ditemani?

Dilansir dari Catster, Rabu (15/9/2021), berbeda dengan hewan peliharaan lainnya seperti anjing yang suka berkelompok atau bersama dengan anjing lain, baik bermain, makan, maupun mencari makan, kucing sebenarnya tidak suka bersama dengan kucing lain, terlebih saat makan.

Kucing domestik atau kucing rumahan umumnya suka menyendiri dalam hal berburu dan makan. 

Baca juga: Langkah-langkah Membersihkan Kotoran Kucing

"Jadi, ketika seseorang yang memelihara banyak kucing meletakkan mangkuk makanan kucing di samping satu sama lain, ini adalah sebuah kesalahan," kata Marilyn Krieger, konsultan perilaku kucing bersertifikat di San Francisco Bay Area.

Krieger, yang juga dikenal sebagai pelatih kucing, mengatakan kucing tidak terlalu senang makan bersama kelompoknya karena hal ini bisa membuatnya sedikit stres.

Namun, di luar waktu makan, kebanyakan kucing memiliki kebutuhan sosial dengan kucing lain. Sementara, sebagian kucing membenci sesamanya dan harus menjadi satu-satunya hewan peliharaan di rumah.

Baca juga: Gejala Keracunan Makanan pada Kucing

Kucing liar membentuk koloni dan banyak kucing peliharaan berteman satu sama lain.

"Mereka memiliki beberapa perilaku sosial dan kooperatif yang kompleks seperti merawat anak satu sama lain,” kata dokter hewan Leticia MS Dantas.

Akan tetapi, kucing asing biasanya tidak disambut baik oleh seekor kucing. Kelompok ini biasanya dibentuk oleh garis keluarga. Seorang induk dan beberapa anak-anaknya yang memilih untuk tidak pergi, bukan menjadi pendatang baru.

Baca juga: 8 Alasan Paling Umum Mengapa Kucing Berbaring di Dada Pemiliknya

Lantas, bagaimana dengan kucing peliharaan? Apakah kucing peliharaan merasa sedih dan kesepian ketika menjadi satu-satunya kucing di rumah?

“Kucing domestik adalah spesies sosial. Kamu dapat memiliki kucing yang berteman karena mereka benar-benar menyukai satu sama lain, bukan karena mereka harus begitu,” kata Krieger.

Namun, kucing dapat bertahan hidup sebagai makhluk tunggal meski itu bukan pilihan mereka dan kucing dewasa memiliki sifat teritorial.

Baca juga: Penyebab Kucing Selalu Lapar dan Tak Kunjung Merasa Kenyang

Jadi, kucing yang mengalami kesepian adalah anak kucing, bukan kucing dewasa. Sebab, sifat teritorial seekor kucing biasanya belum muncul sampai mereka dewasa.

Karena itu, anak kucing mendambakan teman bermain atau kucing lain, terutama yang saudara kandungnya. 

Namun, jika kamu mengadopsi anak kucing dari indukan lain, kemungkinan kucing-kucing itu akan menjadi sahabat instan. 

Baca juga: Jangan Asal, Ini Tips Memilih Makanan Kucing

“Bagi kebanyakan anak kucing, cara mereka mempelajari keterampilan sosial adalah dengan berinteraksi dan bermain satu sama lain,” kata Krieger.

“Kebanyakan anak kucing bisa bersama-sama dengan baik. Namun, meski anak kucing cenderung lebih fleksibel secara sosial, beberapa kucing bisa tidak merasa nyaman di sekitar kucing asing," ujar Dantas. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com