Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman dengan Perawatan Mudah yang Cocok Ditanam oleh Anak-anak

Kompas.com - 15/09/2021, 12:32 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Kegiatan berkebun bisa jadi salah satu kegiatan sekaligus hiburan yang menarik untuk anak-anak selama di rumah saja semenjak pandemi COVID-19.

Selain menyenangkan, berkebun juga mengajarkan anak-anak untuk lebih cinta dan berkenalan dengan tumbuhan.

Namun, tidak semua tanaman cocok untuk diajarkan ke si kecil. Selain harus memilih tanaman dengan perawatan mudah, Anda juga harus mempertimbangkan apakah tanaman tersebut dapat dirawat dengan baik untuk buah hati Anda?

Agar tak salah pilih, melandir dari SFGATE pada Rabu (15/9/2021) berikut ini lima tanaman yang ramah anak.

Baca juga: Apakah Tanaman Harus Disiram Setelah Diberikan Pupuk?

Stroberi

Camilan lezat untuk dinikmati seluruh keluarga. Stroberi biasanya merupakan buah segar pertama yang muncul pada awal musim tanam. Bunganya berwarna putih, dan beberapa lainnya berwarna merah muda.

Anak-anak dapat menanamnya di dalam pot atau pekarangan. Tanaman ini juga cocok untuk rumah dengan lahan sempit atau terbatas. Bahkan, Anda juga bisa menanamnya di dalam ruangan.

Baca juga: Cara Mencegah dan Mengatasi Syok Transplantasi pada Tanaman

Wortel

Wortel adalah sayuran sehat, bergizi, dan mudah tumbuh di mana saja. Anda bisa memilih berbagai varietas wortel dengan banyak warna sepeerti ungu atau kuning. Selain itu, tanaman ini sangat mudah tumbuh.

Yang Anda butuhkan hanyalah tanah yang dikeringkan dengan baik dan dirawat dengan baik. Pastikan untuk menjaga tanah tetap lembab agar proses perkecambahan benih tetap sehat. Selain itu, wortel juga dapat dipanen sebanyak dua kali dalam setahun.

Baca juga: 7 Tanaman Pembersih Udara Ini Tak Butuh Banyak Cahaya

Kacang Polong

Tanaman ini cocok untuk anak-anak karena pertumbuhannya cepat dan hanya membutuhkan waktu sekitar 45 hati untuk bisa berbuah.

Tentu waktu ini sangat sebentar untuk anak-anak yang baru memulai berkebun dan pastinya akan bahagia karena bisa menikmati hasil kebunnay sendiri.

Karena tanaman ini cenderung merambat, Anda bisa menempelkannya di pagar atau canopi teras lalu membiarkannya tumbuh dan berkembang hingga daunnya lebat dan buahnya bergelantungan.

Baca juga: Ketahui, Ini Tanda dan Penyebab Tanaman Terikat Akar

Bunga Matahari

Lebah melakukan penyerbukan di bunga matahari.Unsplash/Audrius Sutkus Lebah melakukan penyerbukan di bunga matahari.

Bunga matahari adalah bunga favorit banyak orang tak terkecuali anak-anak. Warna bunganya kuning cerah sehingga membuat anak-anak bersemangat saat tanaman ni berbunga.

Jika Anda tidak ingin sesuatu yang terlalu besar, ada varietas kerdil, tetapi bunga matahari normal tingginya lebih dari 8 kaki.

Tak hanya itu, bunga matahari yang layu juga dapat dikeringkan lalu bijinya dimakan sebagai camilan yang sehat.

Baca juga: Betulkah Air Gula Dapat Menumbuhkan Kembali Tanaman yang Layu?

Kemangi

Kemangi merupakan salah satu tanaman herbal sekaligus sayuran yang sering digunakan sebagai lalapan atau bumbu dapur masakan.

Tanaman ini juga dapat memberikan pengalaman sensorik yang merangsang untuk anak-anak.

Mereka dapat menikmati mencium dan mencicipinya. Ada kemangi tradisional, dan juga varietas rasa lemon, jeruk nipis, dan kayu manis.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com