Kompas.com - 16/09/2021, 18:25 WIB
Ilustrasi landak mini sedang makan, makanan landak mini. FREEPIK/JCOMPIlustrasi landak mini sedang makan, makanan landak mini.

JAKARTA, KOMPAS.com- Landak mini kini menjadi salah satu hewan peliharaan yang populer dan unik. Termasuk dalam insektivora, landak membutuhkan nutrisi yang mungkin tidak ditemukan di banyak makanan hewan peliharaan lainnya.

Secara historis, makanan kucing sering digunakan untuk memberi makan hewan peliharaan berkantung runcing ini, tetapi ada juga makanan landak berkualitas yang menyediakan komponen nutrisi yang ideal untuk dimakan landak.

Dengan mengetahui apa yang harus dimakan oleh perliharaan landak mini, maka kesehatan hewan peliharaanmu pun akan terjaga dengan baik. Lalu, makanan apa saja yang cocok disantap oleh landak mini dan seberapa banyak makanan yang diberikan? 

Melansir dari The Spurce Pets, pada Kamis (16/9/2021) berikut daftar, waktu, dan jumlah makanan yang sebaiknya diberikan untuk landak mini.

Baca juga: Landak Mini, Hewan Peliharaan Mungil untuk Anda yang Sibuk

Ulat Hong Kong/Mealworms

Mealworms tersedia dalam bentuk beku atau kering dan ini merupakan sumber kitin yang baik untuk landak mini. Cacing hidup juga merupakan sumber rangsangan dan nutrisi yang baik karena dapat merangsang pergerakan landak sehingga membuatnya aktif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jangkrik

Jangkrik memberikan kitin serta stimulasi mental untuk landak mini. Seperti serangga lainnya, pengisian usus harus dilakukan sebelum memberi jangkrik ke landak. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa landak mini tidak kekurangan nutrisi.

Baca juga: Jangan Diusir, Ini 3 Hewan Pembasmi Hama di Taman

Buah-buahan

Buah kering harus dihindari, tapi beberapa buah segar akan memberikan nutrisi dan gizi yang baik untuk landak sekaligus sebagai camilan. Apel, pisang, beri, dan melon adalah pilihan yang baik untuk landak mini.

Sayur-sayuran

Tomat segar, kacang hijau segar, dan labu matang adalah beberapa pilihan yang mungkin disukai landak mini. Namun, beberapa sayuran seperti jagung, kentang, dan wortel dan sayuran kering harus dihindari.

Baca juga: 7 Bahan yang Harus Dihindari pada Makanan Hewan Peliharaan

Daging dan telur matang

Makanan anjing atau kucing kalengan berprotein tinggi, rendah lemak, dan daging ayam yang sudah matang dapat diberikan kepada landak dalam jumlah kecil untuk melengkapi nilai proteinnya.

Berapa banyak makanan yang harus diberikan untuk landak mini?

Ilustrasi landak mini. FREEPIK/JCOMP Ilustrasi landak mini.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.