Kompas.com - 16/09/2021, 20:31 WIB
Ilustrasi ikan mas koki. PIXABAY/HANS BRAXMEIERIlustrasi ikan mas koki.

JAKARTA, KOMPAS.com-Ikan mas koki seringkali terlihat diletakkan di fish bowl atau mangkuk yang menggemaskan. Namun mangkuk ikan mas koki tak dilengkapi dengan filter air.

Sebenarnya, ikan mas koki bisa saja tetap hidup meski tanpa filter air. Namun, mangkuk tanpa filter akan memperpendek umur ikan mas koki. Pakar akuarium menyarankan agar kamu tidak menyimpan ikan mas koki dalam mangkuk, melainkan akuarium yang lebih besar dan memiliki filter.

Baca juga: 6 Tanda Anda Memberi Makan Ikan Mas Koki Terlalu Banyak

1. Manfaat filter untuk ikan mas koki

Dilansir dari Cuteness, Kamis (16/9/2021), ikan mas koki mengambil udara dengan mengolah oksigen dalam air melalui insangnya atau dengan naik ke permukaan tangki dan menghirup udara melalui mulut.

Dalam tangki tanpa filter, ikan mas koki hanya bisa mengandalkan pernapasan mulut, yang jauh lebih membuat stres bagi ikan mas koki dan kemungkinan akan memperpendek umurnya.

Harga filter memang beragam, namun dengan Rp 50 ribu saha sebenarnya kamu bisa membantu ikan mas koki milikmu berumur panjang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Mangkuk versus akuarium 

Ikan mas koki biasanya membutuhkan lebih banyak ruang dan air daripada yang disediakan oleh mangkuk. Ada rumus sederhana untuk mengukur berapa banyak air yang dibutuhkan ikan: Untuk setiap 3 cm ikan, kamu membutuhkan 5 liter hingga 15 liter air.

Mangkuk umumnya terlalu kecil untuk menampung ikan mas. Jika kamu mencari ikan yang akan berkembang biak dalam mangkuk, pertimbangkan untuk memelihara cupang.

Jika kamu harus memasukkan ikan mas ke dalam mangkuk, isi mangkuk hanya tiga perempat penuh, hingga bagian terluas dari mangkuk, untuk memaksimalkan luas permukaan air. Ini akan membantu ikan mendapatkan lebih banyak oksigen.

Baca juga: Simak, Alasan Pentingnya Membersihkan Kotoran di Akuarium Ikan Hias

3. Kondisi terbaik untuk ikan mas koki

Halaman:


Sumber Cuteness
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.