Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mata Ikan Hias Menonjol? Kenali Gejala dan Penyebab Penyakit Popeye

Kompas.com - Diperbarui 17/01/2023, 21:31 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa ikan hias, termasuk ikan cupang, memiliki mata yang menonjol ke luar, misalnya saja ikan mas koki. Namun, jangan anggap ikan hias lain yang matanya menonjol adalah hal wajar.

Sebab, penyakit bisa menjadi penyebab mata ikan hias membesar seperti bengkak dan menonjol, misalnya mata ikan cupang bengkak yang tampak tak wajar. Penyakit ini dinamakan popeye atau pop eye.

Seperti apa penyakit pop eye pada ikan hias, termasuk gejala dan penyebabnya? Dikutip dari The Spruce Pets, berikut penjelasannya.

Baca juga: Cara Memberi Makan Ikan Cupang Saat Anda Harus Bepergian

Ilustrasi ikan Molly. SHUTTERSTOCK/YOU TOUCH PIX OF EUTOCH Ilustrasi ikan Molly.

Apa itu penyakit popeye?

Penyakit popeye atau secara medis dikenal sebagai exophthalmia adalah kondisi di mana mata ikan membengkak dan menonjol keluar secara tidak normal dari soketnya karena berbagai penyakit dan faktor.

Penyakit popeye ini dapat memengaruhi satu mata atau kedua mata. Mata ikan mungkin tampak keruh atau bahkan terlihat jernih dalam beberapa kasus, selain pembengkakan yang terlihat jelas.

Tanda penyakit popeye pada ikan hias

Ikan yang menderita penyakit popeye tampak terjadi pembengkakan yang ditandai pada salah satu atau kedua matanya. Pembengkakan ini biasanya disebabkan oleh cairan yang bocor ke area di belakang bola mata.

Mata dapat menjadi keruh atau berubah warna jika kornea mata pecah, atau dapat berlumuran darah jika ikan mengalami cedera fisik.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Ikan Tidak Baik Dipelihara di Dalam Fish Bowl

Dalam kasus yang parah, mata yang terinfeksi bisa pecah tanpa pengobatan. Jika ini terjadi, ikan pada akhirnya akan pulih tetapi matanya akan buta.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com