Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mata Ikan Hias Menonjol? Kenali Gejala dan Penyebab Penyakit Popeye

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa ikan hias, termasuk ikan cupang, memiliki mata yang menonjol ke luar, misalnya saja ikan mas koki. Namun, jangan anggap ikan hias lain yang matanya menonjol adalah hal wajar.

Sebab, penyakit bisa menjadi penyebab mata ikan hias membesar seperti bengkak dan menonjol, misalnya mata ikan cupang bengkak yang tampak tak wajar. Penyakit ini dinamakan popeye atau pop eye.

Seperti apa penyakit pop eye pada ikan hias, termasuk gejala dan penyebabnya? Dikutip dari The Spruce Pets, berikut penjelasannya.

Apa itu penyakit popeye?

Penyakit popeye atau secara medis dikenal sebagai exophthalmia adalah kondisi di mana mata ikan membengkak dan menonjol keluar secara tidak normal dari soketnya karena berbagai penyakit dan faktor.

Penyakit popeye ini dapat memengaruhi satu mata atau kedua mata. Mata ikan mungkin tampak keruh atau bahkan terlihat jernih dalam beberapa kasus, selain pembengkakan yang terlihat jelas.

Tanda penyakit popeye pada ikan hias

Ikan yang menderita penyakit popeye tampak terjadi pembengkakan yang ditandai pada salah satu atau kedua matanya. Pembengkakan ini biasanya disebabkan oleh cairan yang bocor ke area di belakang bola mata.

Mata dapat menjadi keruh atau berubah warna jika kornea mata pecah, atau dapat berlumuran darah jika ikan mengalami cedera fisik.

Dalam kasus yang parah, mata yang terinfeksi bisa pecah tanpa pengobatan. Jika ini terjadi, ikan pada akhirnya akan pulih tetapi matanya akan buta.

Penyebab penyakit popeye

Ada beberapa penyebab penyakit popeye pada ikan hias. Jika hanya satu mata yang terpengaruh (unilateral), kemungkinan besar kondisi tersebut lebih disebabkan oleh cedera ketimbang masalah kimiawi air.

Ini terutama benar jika hanya satu ikan yang menunjukkan popeye.

Mata yang bengkak bisa jadi akibat perkelahian dengan ikan lain atau ikan Anda mungkin menggesekkan matanya pada benda abrasif di dalam akuarium.

Jika ini terjadi, cari kerusakan pada mata, pertanda pasti bahwa exophthalmia adalah akibat dari cedera. Pada sebagian besar cedera, mata yang menonjol pada akhirnya akan menyusut saat sembuh.

Namun, ikan harus diawasi dengan ketat, karena infeksi dapat terjadi, menyebabkan ikan kehilangan penglihatan pada mata yang terkena.

Penyebab popeye lainnya adalah infeksi, yang kemungkinan besar terlihat pada kedua mata. Infeksi dapat disebabkan oleh berbagai organisme, termasuk bakteri, jamur, dan parasit.

Jika ikan menderita popeye dan penyakit gembur-gembur (edema perut), prognosisnya suram. Masalah internal, seperti gagal ginjal atau masalah metabolisme dapat menyebabkan penumpukan cairan, sehingga sangat sulit untuk merawat ikan Anda.

Kondisi air yang buruk juga dapat menyebabkan popeye dan ikan yang sensitif akan terpengaruh lebih dulu.

Jika satu atau lebih ikan di akuarium mengalami penyakit popeye, uji air Anda untuk menentukan apakah ada yang salah dengan kandungan kimianya.

Pertimbangkan juga supersaturasi gas di dalam air, yang dapat terlihat sebagai gelembung kecil di sisi akuarium dan bahkan di kulit ikan. Hal ini bisa menyebabkan gas menumpuk di mata dan membuatnya membengkak.

Penggantian air secara teratur dan pemantauan kimiawi air juga dianjurkan selama waktu pemulihan. Jika tes air menunjukkan adanya masalah, perbaiki segera untuk menghindari penyakit semakin parah.

Selain itu, ikan harus diberi makanan berkualitas tinggi untuk mendukung sistem kekebalan tubuhnya.

Ikan yang menderita popeye harus dipindahkan ke akuarium karantina agar tidak menularkan ke ikan lainnya. Rawat ikan yang sakit dengan makanan antibiotik spektrum luas yang direkomendasikan oleh dokter hewan untuk mengatasi infeksinya.

Jika lebih dari satu ikan terinfeksi, akuarium utama mungkin perlu dirawat juga dengan antibiotik.

Karena popeye disebabkan oleh berbagai macam masalah, tidak ada obat mujarab untuk mencegah kemunculannya.

Namun, jika akuarium dirawat dengan baik, penggantian air parsial dilakukan secara teratur, dan ikan diberi makan makanan bergizi, kemungkinan serangan popeye sangat berkurang.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/01/29/194200576/mata-ikan-hias-menonjol-kenali-gejala-dan-penyebab-penyakit-popeye

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke