Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Hal yang Harus Dilakukan agar Rumah Rapi Sepanjang Hari

Kompas.com - 30/01/2021, 09:36 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Kegiatan membersihkan rumah memang menjadi aktifitas yang menghabiskan banyak waktu. Terlebih lagi, jika keadaan rumah benar-benar berantakan karena jarang dibersihkan.

Dilansir dari Hunker, Sabtu (30/1/2021), jika Anda kekurangan waktu atau energi untuk melakukan kegiatan tersebut, ada tiga hal harian yang dapat dilakukan dengan mudah untuk membuat seluruh rumah terlihat bersih sepanjang hari.

Mencuci Piring

Piring kotor dapat menumpuk dengan cepat dan menyebabkan bau tak sedap yang akan mengundang hama yang tidak diinginkan. Wastafel yang penuh dengan piring kotor juga akan terlihat berantakan.

Baca juga: Simak, Begini Cara Mencuci Piring yang Benar

Oleh sebab itu, daripada menumpuk piring kotor dan membuat area dapur selalu terlihat berantakan, mencuci piring setelah digunakan merupakan solusi terbaik.

Agar tak terlihat berantakan, keringkan semua piring dan letakkan pada rak sehingga dapur selalu terlihat rapi.

Bersihkan Meja Dapur

Meja dapur yang berantakan tidak hanya tidak enak dilihat, tetapi juga bisa menjadi sarang bagi bakteri dan kuman. Ketika ada banyak barang di atas meja, sulit untuk membersihkannya dengan benar dan menghilangkan semua partikel makanan.

Cara terbaik untuk menjaga meja dapur tetap rapi adalah dengan memiliki ruang khusus untuk apa pun yang perlu Anda simpan di meja dapur.

Baca juga: 5 Pilihan Meja Dapur Sesuai Kebutuhan

Misalnya, Anda dapat menyimpan peralatan memasak di dalam rak besar, menyimpan sikat atau spons dapur di cangkir atau piring khusus, dan jika Anda harus menyimpan surat atau bahan kertas lainnya, simpanlah dalam keranjang atau wadah.

Untuk menjaga meja Anda tetap bersih dan bebas bakteri, gunakan pembersih serbaguna yang melawan bakteri atau tisu desinfektan untuk menyeka meja setelah memasak, menyiapkan makanan, atau meletakkan makanan apa pun di atas meja.

Ini akan membantu menjaganya tetap bersih, mencegah kontaminasi silang, dan menjaga meja agar tidak kotor dan lengket.

Membersihkan Lantai

Menjaga lantai tetap bersih akan membuat rumah terasa jauh lebih bersih. Meskipun tidak perlu mengeluarkan penyedot debu setiap hari, ada baiknya menyapu lantai untuk menghilangkan bulu hewan peliharaan, remah-remah, kotoran, serta debu dari luar yang masuk ke dalam rumah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com