Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mengecat Dinding Rumah

Kompas.com - 11/07/2021, 15:27 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna cat merupakan elemen dekorasi yang dapat mengubah tampilan ruangan secara keseluruhan. Tak ada satu pun elemen dekorasi yang dapat melakukan hal ini selain cat.

Sayangnya, banyaknya pilihan warna cat sering kali membuat orang melakukan kesalahan ketika mengecat dinding rumah. Bahkan, pelukis atau ahli yang sudah paling siap pun pasti akan membuat kesalahan. 

Baca juga: Begini Cara Mencampurkan Cat Dinding dengan Air

Demi menghindari kesalahan itu, melansir dari laman Real Simple, Minggu (11/7/2021), berikut ini lima kesalahan yang sering dilakukan saat mengecat dinding rumah. 

Menggunakan kuas yang salah

Jika pernah mengalami kesulitan mengecat, periksa untuk melihat apakah sudah menggunakan jenis kuas yang tepat. Ada banyak jenis kuas dan masing-masing memiliki kegunaan sendiri. 

Baca juga: 3 Tips Penggunaan Kombinasi Dua Warna Cat untuk Kamar Tidur Sempit

Mengoleskan cat lateks berbahan dasar air menggunakan sikat berbulu alami akan membuat bulu sikat lemas karena menyerap air dalam cat sehingga cat hampir tidak mungkin menyebar.

Mencapai hasil akhir yang halus dan profesional dimulai dari menentukan aplikator yang tepat. Kuas dengan bulu alami paling cocok digunakan dengan cat berbahan dasar minyak.

Sedangkan, kuas sintetis, terbuat dari nilon, dan poliester, sangat cocok untuk cat lateks berbahan dasar air. 

Baca juga: 5 Warna Cat yang Dapat Meningkatkan Suasana Hati

Membiarkan selotip terlalu lama

Untuk garis yang bersih dan tepi yang tajam, selotip pelukis adalah suatu keharusan. Merekatkan pita selotip dapat memastikan hasil akhir yang terlihat professional.

Namun, jika dibiarkan dalam waktu lama, dapat menyebabkan cat mengelupas saat dilepas. Idealnya, selotip harus dilepas sekitar satu jam setelah selesai melukis.

Gunakan silet secara lembut untuk melepasnya. Bisa pula menggunakan pengering rambut atau hair dryer untuk mengendurkan perekat serta menggunakan jari untuk menggulung perekat dari dinding. 

Baca juga: 5 Pilihan Warna Cat Rumah untuk Meredakan Stres

Mengabaikan cuaca

Kesalahan mengecat dinding rumah selanjutnya adalah mengabaikan cuaca. Cat tidak mampu menangani suhu ekstrem dengan baik.

Jadi, pastikan memperhatikan cuaca sebelum mengecat dinding rumah. Sebab, kelembapan yang tinggi akan memperlambat waktu pengeringan untuk cat berbahan dasar air.

Begitu pun suhu yang dingin dapat mencegah cat mengering secara merata, menyebabkan retak, serta mengelupas.

Baca juga: 5 Warna Cat untuk Kamar Tidur Sempit agar Terasa Lebih Luas

Selain itu, panas yang ekstrem dapat membuat cat menggelembung atau mengeringkan cat terlalu cepat sehingga hasil akhir tidak merata. 

Untuk itu, perlu menanyakan kepada ahli untuk mengetahui berapa suhu optimal untuk mengecat. Anda mungkin harus melakukan penyesuaian seperti menggunakan pemanas ruangan atau AC portable.  

Baca juga: 5 Pilihan Warna Cat yang Dapat Mempercantik Plafon Rumah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com