Kompas.com - 21/04/2021, 18:09 WIB
ilustrasi cat kuning di dalam rumah. bestlifeonline.comilustrasi cat kuning di dalam rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain desain dan interior, warna cat juga memainkan peran penting dalam menciptakan suasana rumah yang nyaman serta menyenangkan. Tak hanya mempercantik, warna cat rumah juga mempengaruhi psikologis seseorang yang dapat memberi dampak positif dan negatif dalam menjalani kehidupan sehari-hari. 

Warna dianggap berkaitan dengan kondisi psikologis yang tentunya mempengaruhi tubuh, pikiran, serta emosi. Karena itu, menentukan warna yang tepat bagi dinding rumah tak boleh sembarang. Sebab, salah memilih warna cat bisa mengganggu psikologis atau membuat stres

Baca juga: 5 Warna Cat Ini Membuat Rumah Semakin Menarik

Jika kamu seseorang yang mudah stres, sebaiknya pilih warna cat rumah yang dapat menekan rasa stres. Melansir Decor Tips, Rabu (21/4/2021), setidaknya ada lima pilihan warna cat rumah yang mampu meredakan stres

1. Baby blue

Biru adalah salah satu warna terbaik untuk pilihan cat rumah. Warna biru paling menenangkan dan memberi kenyamanan. Biru sendiri memiliki banyak varian jenis, salah satunya baby blue. Varian ini banyak dipilih sebagai warna cat rumah kerena memberikan rasa damai dan bahagia.

Warna ini paling cocok atau ramah diaplikasikan pada ruang keluarga dan ruang makan. Selain itu, kamu juga dapat memadukan baby blue dengan warna biru yang lebih cerah untuk menambahkan percikan semangat ke dalam ruang seperti biru klasik atau classic blue, yang merupakan tren warna 2020 pilihan Pantone. 

Baca juga: 9 Warna Cat Terbaik untuk Setiap Ruangan Menurut Para Ahli

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Hijau

Tidak diragukan lagi, hijau adalah salah satu warna dekorasi paling populer. Warna ini erat kaitannya dengan alam, menginspirasi harmoni, memberi ketenangan, dan kesejahteraan. Tak hanya itu, ketika diaplikasikan dengan tepat, hijau mampu memberi rasa rileks dalam sekejap.

Meski begitu, penggunaan warna hijau yang berlebihan atau terlalu terang dapat menyebabkan kecemasan. Untuk itu, perlu hati-hati memilih warna hijau yang tepat untuk cat rumah.

3. Dusky Pink

Pink atau merah muda kerap dilambangkan sebagai kelembutan, kemurnian, juga warna yang ceria. Salah satu varian warna pink yang cocok untuk cat rumah adalah dusky pink (merah muda kehitaman). Warna ini menjadi salah satu warna cat favorit para pecinta dekorasi Nordik.

Dusky pink memiliki nuansa modern dan chic serta memberi perlindungan dan kehangatan. Tak heran, dusky pink menjadi pilihan cat rumah untuk menurunkan stres. Ruang tamu menjadi ruangan di rumah yang cocok di aplikasi cat berwarna dusky pink

 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Decortips
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X