Kompas.com - 24/05/2021, 12:51 WIB
Ilustrasi tanaman christmas cactus atau kaktus natal. SHUTTERSTOCK/NADEZHDA NESTEROVAIlustrasi tanaman christmas cactus atau kaktus natal.

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat tanaman menjadi kegiatan yang banyak dilakukan orang beberapa tahun terakhir ini. Berbagai tanaman hias daun serta bunga turut menjadi tanaman favorit yang diletakkan di luar dan dalam ruangan.

Tanaman yang tahan terhadap kekeringan juga menjadi banyak pilihan. Sebab, selain mudah dalam perawatan, tanaman ini hanya perlu disiram pada waktu tertentu. Salah satunya, tanaman kaktus

Baca juga: 5 Pilihan Kaktus yang Bisa Diletakkan di Dalam Ruangan

Kaktus memiliki beragam varietas, dari kaktus opuntia cochenillifera atau kaktus centong yang memiliki bentuk pipih, kaktus old lady yang ditumbuhi dengan serabut putih dan duri di tubuhnya, dan kaktus cantik yang berbunga, christmas cactus atau kaktus natal.

Jenis kaktus natal biasa menjadi pilihan dalam mendekorasi ruangan. Dilansir dari Homeguides, Senin (24/5/2021), kaktus ini dapat menghasilkan bunga merah muda atau oranye pada ujung daunnya selama cuaca atau suhu sedang rendah. 

Baca juga: 5 Cara Merawat Kaktus agar Tetap Sehat dan Terus Berkembang

Tak hanya itu, ada beragam hal yang harus diperhatikan dalam merawat kaktus natal, sebagai berikut ini. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tanah 

Kaktus natal adalah epifit yang tumbuh secara alami di batang pohon. Daun-daun tumbang dan sisa-sisa tanaman membentuk sebagian besar tanahnya atau tumbuhan yang menumpang di tumbuhan lainnya. 

Baca juga: Jenis Kaktus yang Memiliki Bunga

Saat ditanam dalam pot, tanaman membutuhkan tanah yang dikeringkan dengan baik agar akarnya dapat bernapas.

Tanah taman yang lebat atau tanah pot yang dirancang untuk mempertahankan banyak kelembapan akan membuat akarnya kesulitan bernapas sehingga membuat kaktus Natal tumbuh dan berbunga dengan buruk. 

Baca juga: Praktis dan Mudah, 3 Cara Menanam Kaktus Koboi dengan Media Pot

Hal ini juga dapat menyebabkan busuk akar dan kematian kaktus Natal

Buat tanah pot sendiri 

Mencampur tanah pot sendiri memastikan kaktus berada di media tanam terbaik. Mulailah dengan kompos steril atau lempung taman dan campurkan dengan perlit serta gambut giling dalam porsi yang sama. 

Baca juga: Manfaat Kaktus Selain Sebagai Tanaman Hias

Halaman:


Sumber home guide
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X