Kompas.com - 24/05/2021, 10:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika mengetahui kucing peliharaan Anda hamil, hal yang harus dilakukan adalah lebih memerhatikan asupan makanan, dan perlakuan khusus terhadap mereka.

Kucing hamil membutuhkan nutrisi lebih untuk pertumbuhan janin di dalam kandungannya.

Melansir dari The Spruce Pets, Senin (24/5/2021), vaksinasi pun tidak disarankan selama masa kehamilan kucing, karena dapat berdampak buruk pada perkembangan anak kucing, meskipun jenis vaksin rabies tertentu mungkin tidak menjadi masalah.

 

Baca juga: Simak, Gejala Penyakit Panleukopenia pada Kucing yang Harus Diwaspadai

Selain itu, ada beragam hal yang harus diperhatikan ketika kucing hamil. Berikut beberapa cara merawat kucing hamil yang perlu Anda ketahui.

Ilustrasi makanan kucing, kucing sedang makan. SHUTTERSTOCK/ALEXANDERDUBROVSKY Ilustrasi makanan kucing, kucing sedang makan.

1. Memberi makan kucing hamil

Kucing hamil Anda harus diberi makan makanan berkualitas tinggi yang diformulasikan untuk pertumbuhannya.

Secara umum, makanan basah adalah pilihan yang lebih sehat daripada makanan kering, meskipun dengan menggunakan salah satu dari keduanya tidak menjadi masalah.

Biasanya, ada beberapa produsen makanan kucing yang menyediakan makanan khusus kucing hamil. Namun, saat memilih makanan, sebaiknya konsultasikan kepada dokter hewan makanan apa saja yang direkomendasikan oleh mereka.

Baca juga: Berapa Lama Kucing Hamil dan Apa yang Terjadi Selama Kehamilan?

Selain itu, hindari memberikan makan kucing hamil secara berlebihan selama minggu-minggu awal kehamilan.

Kucing hamil memang membutuhkan banyak nutrisi yang baik untuk janin dan dirinya, namun makanan kucing yang mengandung kalori dan nutrisi ekstra yang berlebihan akan membuat kucing kelebihan berat badan.

Hal ini dapat menimbulkan masalah bagi janin dan dirinya sendiri.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.