Kompas.com - 24/05/2021, 08:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tikus adalah salah satu hama yang kehadirannya sangat mengganggu di rumah. Selain bisa merusak barang dan memakan bahan makanan, tikus juga bisa menyebarkan sejumlah penyakit.

Meskipun demikian, kerap kali membasmi tikus di rumah bukan hal yang mudah. Namun, ada satu jenis minyak yang dapat Anda gunakan untuk membasmi tikus.

Dikutip dari Family Handyman, Senin (24/5/2021), tikus dapat dengan mudah dihindari di sekitar rumah Anda hanya dengan menambahkan aroma peppermint di sudut tempat mereka berkumpul.

Baca juga: Tips untuk Menjaga Dapur agar Bebas dari Kecoak, Semut, dan Tikus

Manfaat peppermint untuk membasmi tikus

Meskipun cara alami tidak selalu menjadi jawaban untuk membasmi hama di rumah, namun peppermint menawarkan solusi alami yang ampuh untuk mengusir tikus. Ini ada hubungannya dengan sifat tikus, yang lebih mengandalkan indera penciuman daripada penglihatannya.

Ilustrasi minyak peppermint.SHUTTERSTOCK/MADELEINE STEINBACH Ilustrasi minyak peppermint.

Tikus memiliki penglihatan yang sangat lemah, tetapi indera penciuman yang kuat dan tajam.

Peppermint jelas memiliki aroma yang kuat, yang tidak disukai tikus. Peppermint mengandung senyawa mentol yang sangat kuat yang mengiritasi rongga hidung.

Aroma peppermint akan menjauhkan tikus dari rumah Anda.

Baca juga: 4 Cara Cegah Tikus, Kecoak, dan Serangga Masuk ke Rumah

Nah, Anda dapat menggunakan dua cara untuk memasukkan aroma peppermint ke dalam rumah guna membasmi tikus.

Yang pertama adalah menanam peppermint dan meninggalkannya di sekitar rumah. Bau itu mencegah mereka masuk atau berkeliaran di tempat pertama.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.