Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/05/2021, 12:41 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com—Memiliki ruangan yang sehat dan indah adalah dambaan setiap orang. Dengan ruangan yang sehat kita akan lebih mudah memiliki pikiran yang sehat dan nyaman di dalam ruangan.

Ada beberapa cara untuk mempercantik ruangan sekaligus membuatnya sehat, yakni, dengan mendekorasi interior ruangan, memilih furnitur, menggunakan tanaman hias, dan lain sebagainya.

Menggunakan tanaman hias pada interior ruangan seperti kaktus kecil yang diletakkan di dalam pot kecil dapat mempercantik interior ruangan.

Kamu dapat meletakkannya di meja Anda di ruang kerja, di ruang tamu, atau di kamar tidur. Dengan begitu, penggunaan kaktus akan membuat ruangan menjadi lebih indah dan mempesona.

Baca juga: Tips Memulai Taman Kaktus dan Cara Mudah Merawatnya

Selain cantik, rupanya kaktus memiliki manfaat lain bila kamu letakkan di dalam ruangan. Berikut adalah manfaat kaktus selain sebagai tanaman hias seperti dilansir dari The Garden Granny, Rabu (5/5/2021).

1. Filter udara

Seperti kita ketahui kaktus merupakan tumbuhan dan setiap tumbuhan dapat melakukan proses fotosintesis. Selain itu, kaktus dapat menangkap bakteri dan polutan sehingga udara menjadi bersih.

Kaktus dapat menyerap karbondioksida di udara untuk proses fotosintesis dan menghasilkan oksigen yang baik untuk kesehatan. Dengan menggunakan kaktus untuk mendekorasi, ruangan akan menjadi lebih indah dan segar.

2. Dekorasi

Ilustrasi tanaman kaktus.UNSPLASH/GIUSEPPE MONDI Ilustrasi tanaman kaktus.

Fungsi utama penggunaan kaktus adalah sebagai penghias ruangan. Dengan menggunakan kaktus sebagai dekorasi, ruangan akan terlihat lebih cantik, segar, dan unik.

Dengan begitu, kamu akan merasa lebih nyaman saat berada di rumah. Penggunaan tanaman ini tidak sebatas sebagai penghias ruangan. Kaktus dapat digunakan sebagai souvenir atau dekorasi acara di dalam ruangan.

Kaktus dapat disimpan dalam pot dan tata letak yang indah sebagai estetika sesuai kreativitasmu. Dengan menggunakan kaktus sebagai hiasan, baik di dalam maupun di luar ruangan akan memberikan karakter yang unik dan estetis. Dengan begitu kamu bisa memiliki rumah yang indah dan menyenangkan.

Baca juga: 4 Cara Merawat Kaktus di Dalam Ruangan agar Tidak Busuk dan Mati

3. Penolak bakteri dan polusi

Duri dari kaktus merupakan modifikasi dari daun dan duri dari kaktus dapat menangkap debu dalam ruangan. Selain itu kaktus merupakan tanaman yang sering digunakan untuk menjernihkan udara dalam ruangan.

Karena, kaktus dapat mengikat partikel halus di udara dan mampu membunuh bakteri yang ada di dalam ruangan. Dengan begitu, udara di interior ruangan akan lebih segar dan bersih.

4. Meningkatkan fokus dan produktivitas

Penggunaan kaktus sebagai tanaman hias sangat cocok untuk pekerja atau pelajar. Kehilangan fokus atau tidak bisa fokus saat bekerja dan mengerjakan tugas di rumah memang menyebalkan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com