Kompas.com - 05/05/2021, 15:58 WIB
Ilustrasi aglonema red valentine. SHUTTERSTOCK/PUSPA WARNAIlustrasi aglonema red valentine.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman aglonema tumbuh subur sudah pasti menjadi hal diinginkan oleh setiap pemiliknya. Sebab, bentuk dan tampilannya akan semakin elok untuk dipandang mata pencintanya.

Bagi kamu yang baru berencana menanam aglonema serta menginginkannya tumbuh subur dan cantik, ada beberapa kiat atau langkah yang perlu dilakukan. 

Baca juga: Tips Sederhana Merawat Tunas Aglonema agar Cepat Tumbuh Besar

Dikutip dari kanal YouTube Fahrul Fahrul, Rabu (5/5/2021), terdapat beberapa langkah dalam menanam tanaman aglonema agar tumbuh subur. Berikut di antaranya. 

Masukkan Pecahan Batu Bata ke dasar Pot

Masukkan pecahan batu bata merah ke dalam dasar pot hingga setinggi dua sentimeter. Hal ini bertujuan meniriskan genangan air pada bagian bawah media tanam akibat air yang berlebih sehingga mengurangi risiko pembusukan akar aglonema. 

Baca juga: Cara Membuat Tampilan Daun Aglonema Jadi Mengilap dan Segar

Paling penting, meletakkan pecahan batu bata pada dasar pot akan lebih besar menjaga kesuburan aglonema serta lebih kecil kemungkinan terkena busuk akar dan batang. 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gunakan Media Tanam yang Sesuai

Media tanam aglonema utamanya bisa menggunakan campuran tanah, sekam padi, sekam bakar. Buat tekstur media tanam menjadi gembur atau tidak keras. 

Baca juga: Penyebab Tanaman Aglonema Menjadi Kerdil dan Cara Mengatasinya

Kamu bisa menambahkan campuran media tanam lainnya, asalkan tiga media tanam yang disebut di atas terdapat di dalamnya.

Jangan Tanam Aglonema Terlalu Dalam

Cara pertama menanam aglonema agar tumbuh subur adalah menanamnya tidak terlalu dalam. Tanam aglonema ke media tanam atau tanah pada bagian bonggol, yakni bagian atas dari sela-sela akar. 

Baca juga: Benarkah Micin Tidak Baik Sebagai Pupuk Tanaman Aglonema?

Jangan menanam aglonema ke tanah atau media tanam pada bagian pucuknya, tanam pada bagian bawah pucuk aglonema (ujung bonggol ke bawah hingga akar).

Bukan berarti membuatnya mati, tapi aglonema yang ditanam terlalu dalam akan membuat pertumbuhannya sangat lambat. Sebab, aglonema tidak dapat mengembangkan diri, tetapi berusaha melepaskan diri dari media tanam yang terlalu dalam. 

Baca juga: Cara Merawat Aglonema agar Subur dan Banyak Akar

Cegah Aglonema dari Berbagai Penyakit

Saat aglonema sudah ditanam, silakan lakukan penyemprotan dengan obat pembasmi hama untuk mencegah berbagai penyakit dan serangan hama.

Pembasmi hama yang bisa digunakan adalah antracol. Ikuti dosis yang tertera pada kemasan dan semprotkan secara merata ke aglonema yang baru ditanam. 

Baca juga: 6 Kesalahan Pemula dalam Merawat Tanaman Aglonema

Jangan Beri Pupuk Setelah Penanaman

Aglonema yang baru ditanam jangan diberikan pupuk terlebih dahulu, kecuali kamu ingin menggunakan vitamin B1 maupun pupuk dekastar. Untuk pupuk di luar itu, jangan diberikan terlebih dahulu selama empat sampai lima hari.

Letakkan Aglonema di Tempat Teduh

Setelah selesai, letakkan tanaman aglonema yang baru ditanam di tempat yang teduh dan jauhkan dari paparan sinar matahari langsung.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X