Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Sederhana Merawat Tunas Aglonema agar Cepat Tumbuh Besar

Kompas.com - 04/05/2021, 17:31 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendapatkan tunas anakan aglonema menjadi sebuah hal yang menggembirakan bagi setiap orang yang mengoleksi dan merawatnya.

Munculnya tunas aglonema menjadi pertanda bahwa pemiliknya berhasil mengembangbiakkannya sehingga mereka berkesempatan mendapatkan aglonema yang jauh lebih banyak tanpa harus membelinya. 

Baca juga: Begini Cara Membuat Daun Aglonema Mengilap Pakai Susu

Setelah aglonema memunculkan tunas baru, siapa pun pasti ingin membuatnya cepat besar agar bisa segera disejajarkan dengan tanaman aglonema lainnya.

Namun, bagaimana cara perawatan yang harus dilakukan agar tunas aglonema bisa cepat besar?

Dikutip dari kanal YouTube Hobi Bunga, Selasa (4/5/2021), bagi yang menginginkan tunas aglonema cepat besar, kamu hanya perlu menyiapkan vitamin B1 (tiamin). 

Baca juga: Ciri Tanaman Aglonema Kerdil dan Cara Mengatasinya

Vitamin B1 berfungsi sebagai bahan penunjang agar tunas aglonema cepat besar sekaligus menjadi nutrisi penting yang berperan mengubah karbohidrat menjadi energi.

Selain itu, vitamin B1 juga membantu proses metabolisme jaringan tumbuhan agar berlangsung dengan baik, mencegah dan mengurangi stres pada tanaman, mempercepat proses tumbuhnya akar, dan masih banyak lagi.

Cara membuat tunas aglonema dapat dilakukan dengan menyemprotkan larutan vitamin B1 pada sore hari ketika stomata sedang terbuka maksimal, kira-kira pukul 16.30-an. 

Baca juga: Cara Merawat Aglonema agar Subur dan Banyak Akar

Berikut ini cara pembuatan dan pengaplikasian larutan vitamin B1 untuk merawat tunas aglonema tumbuh cepat dan besar.

1. Tuangkan setengah tutup botol vitamin B1 ke dalam satu liter air yang dimasukkan ke botol semprot. Tutup botol yang digunakan adalah tutup botol pada botol vitamin B1.

2. Kocok atau aduk vitamin B1 dengan air agar larut sempurna. 

Baca juga: Cara Membuat Tampilan Daun Aglonema Jadi Mengilap dan Segar

3. Setelah larutan vitamin B1 jadi, semprotkan ke tunas aglonema. Jangan semprot terlalu banyak yang penting cukup basah saja bagian tunas daunnya.

4. Lakukan cara ini sebanyak dua sampai tiga hari sekali. Ketika melakukan penyemprotan dua hari sekali, lakukan sekali saja.

Penyemprotan larutan vitamin B1 ke tunas aglonema akan membuatnya segar terus dan cepat besar. Biasanya hingga membuat daunnya cepat mekar. 

Baca juga: Cara Menangani Tanaman Aglonema yang Alami Stres

Penyemprotan larutan vitamin B1 sangat diperlukan karena dapat menunjang pertumbuhan tunas sekaligus pencegah stres. Sebab, apabila tunas aglonema sudah stres, ia akan susah untuk bisa tumbuh.

Ketika proses penyemprotan larutan vitamin B1 pada tunas aglonema, terdapat syarat yang harus kamu patuhi, yaitu pastikan aglonema tidak terkena cahaya matahari secara langsung karena dapat menyebabkan tunas aglonemanya rusak. 

Baca juga: Penyebab Tanaman Aglonema Menjadi Kerdil dan Cara Mengatasinya

Jadi, ingat lakukan penyemprotan larutan vitamin B1 ke tunas aglonema pada sore hari, bukan pagi hari. Sebab, dikhawatirkan cuaca panas pada siang hari dapat membuat tunas aglonema menjadi stres.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com