Kompas.com - 05/05/2021, 15:38 WIB
Ilustrasi ikan cupang. PIXABAY/CUONG NGUYENIlustrasi ikan cupang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi kamu yang seorang pemula dalam memelihara ikan cupang, suatu saat nanti kamu kemungkinan besar akan melihat permukaan air pada wadah atau akuarium ikan cupang menjadi berbusa.

Saat kondisi ini terjadi, kamu mungkin mengira bahwa air ikan cupang yang berbusa merupakan pertanda airnya sudah kotor, sehingga kamu akan membersihkan atau mengganti airnya.

Tapi, perlu diingat bahwa air ikan cupang yang berbusa bukan pertanda airnya sudah kotor atau alat pembuat gelembung udara di akuarium bekerja terlalu keras.

Baca juga: Berapa Kadar pH Air Ideal untuk Ikan Cupang? Simak, Ini Penjelasannya

Air pada akurium ikan cupang yang berbusa disebabkan oleh ikan cupang yang sengaja meniupkan gelembung atau busa, sehingga menghasilkan busa atau buih di permukaan airnya.

Lantas mengapa ikan cupang mengeluarkan busa? Pertanda apakah ini?

Dilansir beberapa sumber, Rabu (5/5/2021), ada beberapa alasan mengapa ikan cupang membuat busa yang menyebabkan air di akuarium ikan cupang berbusa.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikutip dari kanal Youtube Inda Purwati, ikan cupang yang menghasilkan busa itu adalah ikan cupang jantan. Busa ini dibuat dengan menelan udara dan meniup gelembung sekresi oral di dekat permukaan air.

Baca juga: Kapan Daun Ketapang Perlu Diberikan untuk Air Ikan Cupang?

Waktu terbentuknya busa tidak ada batas maksimal atau minimal, semua tergantung dari kondisi ikan cupang untuk membuatnya.

Kadang-kadang ikan cupang membuat sarang busa setiap minggu, setiap bulan, bahkan setiap hari.

Alasan ikan cupang menghasilkan gelembung atau busa di permukaan air

1. Membangun Sarang

Ikan cupang jantan secara teratur meniup gelembung atau busa menjadi tumpukan busa di sudut akuarium karena mereka adalah ikan pembangun sarang.

Di alam liar, ketika jantan siap berkembang biak, mereka menemukan petak-petak kecil air tenang yang penuh dengan gulma dan bahan mengambang lainnya untuk menempelkan sarang mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X