Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/05/2021, 11:54 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Putih kerap dihindari sebagai warna untuk perlengkapan rumah tangga karena dianggap lebih mudah kotor dan cepat menguning. Seperti halnya, handuk.

Banyak orang menghindari memilih handuk putih, kecuali hotel. Handuk putih boleh dikatakan bukan pilihan utama seseorang saat memilih warna handuk. 

Baca juga: Langkah Tepat Mencuci Handuk agar Tetap Lembut dan Awet

Mereka menganggap handuk putih rentan kotor serta meninggalkan bekas bila terkena tumpahan kotoran atau noda sehingga harus lebih sering dicuci dan membutuhkan perawatan lebih.

Padahal, semua handuk, entah itu berwarna terang, putih, dan gelap, sama-sama dapat kotor dan memerlukan perawatan yang sama. Seperti rutin mencuci handuk setiap seminggu sekali agar tetap higienis, terhindar jamur, dan menghilangkan bau apek yang sering muncul pada handuk. 

Baca juga: Cara Mencuci Handuk agar Tidak Bau, Pakai Cuka dan Baking Soda

Perawatan lain, menggosok handuk setelah dicuci untuk menghilangkan bakteri atau virus yang masih menempel dan membuat handuk lebih lembut serta menyimpan handuk bersih di tempat yang tepat agar tidak terkontaminasi kotoran atau bakteri.

Memilih warna handuk yang tepat sama pentingnya dengan cara merawat handuk. Meski hanya digunakan sehabis mandi, handuk tetap harus rutin dicuci.  

Sebetulnya, dibanding handuk warna lainnya, handuk putih justru paling mudah dalam hal perawatan. Mungkin ini yang membuat industri perhotelan memilih handuk putih ketimbang handuk warna lainnya. 

Baca juga: Ini yang Terjadi Jika Handuk Tak Dicuci Seminggu Sekali

Dilansir dari laman Real Simple, Erin Napier yang membintangi HGTV's Home Town, serial televisi Amerika yang membahas seputar rumah, mengatakan bahwa handuk putih begitu spesial dan mudah dibersihkan atau dicuci.

“Anda hanya perlu memutihkannya. Setiap kali mencucinya, tambahkan sedikit pemutih dan itu bisa bertahan selamanya,” katanya. 

Baca juga: Ciri-ciri Handuk yang Masih Kotor Usai Dicuci

Napier menambahkan bahwa handuk putih tidak pernah berjamur dan aromanya selalu segar. “Handuk hotel di seluruh dunia hampir selalu berwarna putih, kemungkinan besar karena alasan yang sama.”

Handuk putih dapat kembali diputihkan hanya dengan memerlukan sedikit zat pemutih setiap kali mencucinya sehingga tetap bersih, segar, dan tampak baru dalam waktu yang sangat lama. 

Baca juga: Cara Mencuci Handuk agar Tetap Lembut dan Segar

Sementara itu, handuk warna cerah seperti pink, ungu, dan biru maupun handuk gelap seperti hitam, navy blue, serta cokelat tak bisa mendapat perawatan tersebut. Sebab, zat pemutih dapat membuat warna handuk menjadi luntur, bahkan rusak.

Keuntungan lain dari handuk putih adalah memberikan tanda atau indikasi kotor yang lebih jelas sehingga handuk bisa dicuci secara rutin. "Handuk putih pun dua kali lipat bersih dan itu adalah kemenangan nyata." 

Baca juga: Cara Mencuci Handuk agar Tetap Bersih dan Tahan Lama

Sementara itu, handuk warna-warni sering kali sulit untuk melihat kondisinya sudah kotor atau belum lantaran tersamarkan warna aslinya. Akibatnya, kita kerap menunda mencuci handuk dan terus menggunakan sampai seminggu lebih. 

Nah, bagimana masih ragu memilih handuk putih? Ganti segera warna handukmu! 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com