Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini 5 Penyebab Kamar Mandi Terlihat Kotor dan Berantakan

Kompas.com - 05/05/2021, 13:41 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber LivSpace

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan kamar mandi secara rutin dan teratur adalah tugas yang harus ada di daftar pembersihan rumah setiap minggunya.

Pasalnya, kamar mandi memiliki kelembapan yang tinggi daripada area rumah lainnya sehingga membuat kuman serta bakteri mudah berkumpul di dalamnya. 

Baca juga: 5 Cara Mudah Menyegarkan Tampilan Kamar Mandi Tanpa Renovasi

Dilansir dari Livspace, Rabu (5/5/2021), kamar mandi adalah tempat berkumpulnya bakteri sehingga memerlukan disinfeksi rutin dan pembersihan yang baik. Namun, ada kalanya kamar mandi bersih pun terasa tampak kotor.

Jika pernah merasakan hal seperti ini, ada beberapa penyebab. Salah satunya, ada bagian yang terlewat untuk dibersihkan atau terdapat barang-barang yang menumpuk di dalam kamar mandi. 

Baca juga: Gampang, Ini Trik Membuat Kamar Mandi Kecil Tampak Lebih Luas

Berikut beberapa penyebab utama yang membuat kamar mandi bersih tampak kotor dan berantakan. 

Terlalu Banyak Ember 

Meletakkan ember atau wadah di dalam kamar mandi terkadang menjadi suatu kebiasaan dan kebutuhan. Namun, terlalu banyak ember dapat menghabiskan banyak ruang sekaligus memberikan tampilan yang tidak rapi. 

Baca juga: Baking Soda dan 5 Bahan Ini Ampuh Hilangkan Kecoak di Kamar Mandi

Untuk itu, minimalkan jumlah ember agar lebih banyak ruang lantai di kamar mandi serta tak terlihat berantakan.  

Cermin Bernoda 

Cermin berfungsi membuat ruangan semakin luas dan terang. Namun, cermin yang terdapat noda akan memberikan efek kotor pada kamar mandi. Kelembapan menyebabkan sejumlah masalah di kamar mandi dan cermin adalah yang pertama menunjukkan tanda-tanda kerusakan ini. 

Baca juga: 7 Manfaat Meletakkan Cermin Besar di Kamar Tidur

Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan alkohol atau larutan pembersih khusus cermin. Namun, yang harus diperhatikan adalah bintik hitam permanen akan muncul jika salah menggunakan larutan pembersih. Jadi, gunakan sesuai takaran serta pembersihan yang tepat. 

Keran Kusam 

Salah satu dari banyak alasan perangkat keras dan dinding kamar mandi terlihat kusam adalah noda air. Air sadah dapat menyebabkan kerusakan permanen pada keran dan dinding. Oleh karena itu, menyeka keran setiap hari dapat menghindari noda permanen.  

Baca juga: Cara Hilangkan Noda Berkerak di Keran Air Kamar Mandi

Lantai Kamar Mandi Kotor 

Kamar mandi dengan lantai bersih adalah kamar mandi yang ideal. Namun, dalam banyak kasus, kotoran terkumpul di sela-sela keramik karena air kotor yang sering terabaikan saat membersihkan keramik.

Cara terbaik membersihkan kotoran yang membandel pada lantai kamar mandi adalah menggunakan air hangat dan sikat berbulu kaku. 

Baca juga: 4 Cara Menjaga Lantai Kamar Mandi Tetap Kesat

Keran Model Lama 

Terkadang, kamar mandi terlihat kuno dan tidak rapi karena perangkat kerasnya. Berikan kamar mandi Anda perubahan instan dengan mengganti keran lama dengan model yang bergaya sehingga menampilkan kamar mandi yang lebih modern dan rapi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber LivSpace
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com