Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mengubah Tampilan Kamar Mandi Tampak Segar dan Modern

Kompas.com - 01/05/2021, 19:59 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Desain kamar mandi semakin hari, semakin beragam. Mulai dari, desain kamar mandi modern, kamar mandi minimalis, mewah, perdesaan atau tradisional, hingga kamar mandi yang menyegarkan.

Setiap desain tersebut memiliki ciri khas masing-masing, tapi yang pasti semuanya tampak indah dan membuat nyaman ketika berada di dalam kamar mandi. Di antara desain tersebut, kamar mandi modern dan segar menjadi salah satu desain yang banyak dipilih orang. 

Baca juga: Simak, Cara Mudah Wujudkan Kamar Mandi Mewah Seperti di Hotel

Untuk memperoleh tampilan itu, Anda tak perlu merombak atau merenovasi kamar mandi. Apalagi, mengingat merenovasi kamar menghabiskan biaya yang tak sedikit.

Dengan mengubah tampilan kamar mandi seperti mengganti dan menambah beberapa furnitur atau fitur, Anda dapat memperoleh tampilan kamar mandi yang segar dan modern dengan mudah, singkat, juga minim biaya. 

Baca juga: 6 Desain Kamar Mandi MInimalis yang Mudah Dibersihkan

Nah, berikut ini lima cara sederhana mengubah tampilan kamar mandi tampak segar dan modern seperti dikutip dari laman Homes to Love

Baca juga: Tips Membuat Kamar Mandi Nyaman dan Tenang Layaknya di Tempat Spa

 

Mengecat Dinding

Jika kamar mandi memerlukan perombakan yang sangat dibutuhkan, cara termudah dan cepat melakukannya adalah mengecat seluruh dinding. Seperti diketahui, warna cat dapat mengubah suasana dan dekorasi ruangan secara signifikan.

Dengan mengecat dinding kamar mandi, akan memberikan penyegaran yang sangat dibutuhkan tanpa harus membuat perubahan struktural apa pun serta membuat dinding tampak baru.

Ketika memilih cat, pastikan cat yang sesuai untuk area basah. Sebab, kamar mandi membutuhkan cat yang dapat menghambat pertumbuhan jamur. 

Baca juga: Ide Mengubah Kamar Mandi Menjadi Ruangan yang Indah

Ganti Meja Rias

Mengganti meja rias di kamar mandi dapat menjadi cara sederhana membuat tampilan kamar mandi terasa baru. Meja rias tidak hanya mempercantik, tapi juga membuat kamar mandi tampak tertata dan modern.

Susun rapi semua produk perawatan tubuh seperti sabun, scrub, lulur, facial wash, hingga sampo. Sebelum memilih meja rias, ukur semua ruangan kamar mandi guna memastikan cukup ruang untuk unit dan pemasangannya. 

Baca juga: 5 Ide Menata Meja Kopi di Ruang Tamu

Pilih meja rias dengan desain modern dan simple. Letakkan meja rias di posisi yang tepat seperti jauh dari lantai kamar mandi yang basah dan lubang pembuangan air. Atau bisa pula memasangnya di dinding kamar mandi. 

Ganti Perlengkapan Kesegaran

Keran air dan shower atau pancuran air dengan desain trendi dapat memberikan tampilan baru dan segar pada kamar mandi tanpa terlalu banyak usaha. Saat memilih perlengkapan kamar mandi, sesuaikan dengan fitur lain di kamar mandi seperti lantai dan warna cat atau keramik dinding. 

Baca juga: Tidak Sulit, Begini Cara Membersihkan Kepala Shower

Keran air berwarna hitam matte dapat menambah sentuhan kontemporer dan berkelas di kamar mandi. Kesan itu dapat semakin memakau dengan pemilihan lantai kamar mandi yang tepat serta penambahan tanaman dalam kamar mandi.

Tirai Kamar Mandi

Tirai kamar mandi yang lusuh dan tipis dapat menunjukkan usia kamar mandi. Mengganti tirai kamar mandi dapat menjadi cara sederhana membuat kamar mandi terlihat segar dan modern.
Pilih tirai dengan model terbaru, warna yang cerah, dan motif yang tidak terlalu ramai.

Sebelum membeli, ukur terlebih dulu luas area yang dipasang tirai agar tak salah memilih ukuran.  

Baca juga: 3 Cara Mudah Menjaga Tirai Kamar Mandi Tetap Bersih

Rak Penyimpanan

Selain meja rias, Anda juga perlu menambahkan rak penyimpanan untuk memperindah kamar mandi. Manfaatkan ruang vertikal atau dinding pada kamar mandi untuk meletakkan rak. Dengan cara ini, dapat menghemat ruang.

Rak dengan material kayu bagus untuk menyimpan perlengkapan mandi seperti handuk dan robe atau jubah, bahkan tanaman. Pastikan menutup atau mengecat rak kayu untuk melindunginya dari kelembapan. 

Baca juga: Berencana Memasang Rak Baru? Ini yang Perlu Dipertimbangkan

Terakhir, tambahkan beberapa dekorasi kontemporer dan tanaman ke kamar mandi untuk memberikan tampilan segar serta modern. Tanaman bisa digantung di langit-langit kamar mandi atau di dekat belakang pintu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com