Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Membuat Kamar Mandi Nyaman dan Tenang Layaknya di Tempat Spa

Kompas.com - 29/04/2021, 20:44 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi merupakan salah satu ruangan terpenting dan wajib ada dalam sebuah hunian, baik di rumah maupun apartemen. Kamar mandi yang bersih, terawat, dan nyaman tentu menjadi harapan banyak orang.

Demi mewujudkan hal tersebut, banyak orang mendesain atau menata kamar mandi untuk memperoleh tampilan yang diinginkan. Tak heran, kini kamar mandi tidak hanya digunakan untuk mandi, tapi juga ruang merelaksasikan diri layaknya kamar mandi di tempat-tempat spa

Baca juga: Rahasia Menjaga Kamar Mandi Tetap Bersih Sepanjang Waktu

Seperti diketahui, kamar mandi spa sangat tertata, nyaman, juga menenangkan. Untuk mendapatkan tampilan kamar mandi yang mirip di tempat spa, Anda tak perlu merenovasi ulang kamar mandi.

Untungnya, hanya dengan melakukan beberapa penyesuaian, menambahkan beberapa aksen mewah, meletakkan satu atau dua tanaman, Anda dapat membuat kamar mandi di rumah layaknya di tempat spa tanpa merogoh banyak kocek. 

Baca juga: Ingin Kamar Mandi Lebih Teduh? Letakkan Tanaman Ini

Nah, berikut ini tips membuat kamar mandi nyaman dan tenang layaknya di tempat spa seperti dikutip dari laman Apartment Therapy.

Shower Mewah dengan Dua Kepala

Cara tercepat menghadirkan sentuhan spa ke kamar mandi adalah mengganti shower atau pancuran air dengan desain shower yang mewah dan memiliki dua kepala. Selain membuat penataan kamar mandi layaknya tempat spa, shower dua kepala juga memberikan air lebih besar dan banyak. 

Baca juga: 5 Tips Mengatur Kamar Mandi Berdasarkan Feng Shui yang Baik

Sediakan Jubah Mandi atau Robe

Salah satu perlengkapan penting dan wajib ada di tempat spa adalah jubah mandi atau robe. Jubah di tempat spa memiliki tampilan yang mewah serta bahan yang lembut. Untuk benar-benar merasa dimanjakan seperti di spa, belilah jubah mandi yang mewah dengan material yang lembut. 

Baca juga: 6 Panduan Feng Shui untuk Pintu Kamar Mandi, Harus Selalu Ditutup

Rak Kamar Mandi

Perlengkapan mandi dan perawatan tubuh di tempat spa selalu tertata rapi di rak kamar mandi. Entah itu di rak yang ditempelkan di dinding atau lemari. Anda bisa melakukan penataan ini di kamar mandi rumah.

Beli rak kamar mandi, entah yang terbuat dari kayu atau aluminium, lalu susun rapi perlengkapan mandi dan perawatan tubuh. Demi menjaga penataan tetap rapi, kembalikan barang-barang ke tempat semua sehabis digunakan. 

Baca juga: Simak, 7 Tips Desain Kamar Mandi Sempit tapi Nyaman

Set Handuk

Selain jubah, kamar mandi spa juga memiliki set handuk mewah, dari handuk untuk tubuh, rambut, wajah, hingga tangan. Belilah set handuk mewah untuk kamar mandi agar seperti kamar mandi spa. Sebaiknya, pilih warna putih agar semakin nyata serta terlihat bersih.

Tanaman

Suasana tenang dalam kamar mandi spa tak terlepas dari keberadaan tanaman di dalam kamar mandi. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa tanaman dapat membantu mengurangi stres.

Untuk itu, cobalah letakkan tanaman ke dalam kamar mandi. Pilih jenis tanaman yang dapat memperindah kamar mandi dan aman diletakkan di kamar mandi seperti spider plant dan lidah mertua

Baca juga: Jangan Letakkan Benda Ini di Kamar Mandi, Termasuk Sabun Batang

Baki Bak Mandi

Di bathup kamar mandi spa, kita tidak hanya bisa berendam, tapi juga melakukan kegiatan kecil seperti membaca, bermain hanphone, bahkan menikmati makanan dan minuman. Ini semua karena adanya baki yang bisa diletakkan di bathup.

Kamu bisa membeli baki untuk bathup, letakkan di bathup kapan pun ingin kamu gunakan. Bisa pula meletakkan meja kecil di sebelah bathup kamar mandi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com