Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, 7 Tips Desain Kamar Mandi Sempit tapi Nyaman

Kompas.com - 31/01/2021, 14:08 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Forbes

JAKARTA, KOMPAS.com - Karena keterbatasan lahan dan harga tanah yang tinggi, kini banyak rumah hadir dengan luasan terbatas. Akhirnya, kamar mandi sempit pun tidak terhindarkan.

Namun, jangan khawatir. Yang penting adalah, jika Anda memiliki kamar mandi sempit, buatlah semua kebutuhan Anda tercakup di ruang yang tersedia.

Beberapa tantangannya antara lain, konfigurasi kloset dan wastafel, memungkinkan ruang untuk shower atau bak mandi, dan sebagainya.

Baca juga: 5 Kesalahan dalam Renovasi Kamar Mandi, Ventilasi hingga Keramik

Bila Anda ingin menata kamar mandi, berikut ini beberapa tips desain kamar mandi sempit namun nyaman, seperti dikutip dari Forbes, Minggu (31/1/2021).

1. Wastafel di sudut

Kadang-kadang wastafel yang tampak paling ringkas pun dapat mengganggu satu-satunya jalur lalu lintas yang tersedia di kamar mandi.

Menempatkan wastafel sudut di seberang toilet bekerja lebih baik daripada wastafel di seberang shower. Pembukaan dan penutupan pintu kamar mandi biasanya menciptakan kondisi sulit berlalu lalang.

2. Gunakan tirai shower

Tirai shower dapat menghemat ruang di atas pintu kaca yang dapat bergerak masuk dan keluar. Bak mandi juga sebenarnya bisa masuk ke dalam ruang kecil, namun pastikan ukurannya sesuai.

Baca juga: 8 Cara Menjaga Kamar Mandi Tetap Bersih dan Rapi Lebih Lama

3. Penyimpanan melayang

Selain membantu kamar mandi tampak lebih besar secara visual, memasang penyimpanan atau meja wastafel di atas lantai akan membebaskan sedikit ruang.

4. Ambalan di atas kloset

Memasang ambalan di atas kloset bisa dilakukan dengan batu atau lempengan kayu. Ukuran ambalan yang diperpanjang menciptakan ruang yang cukup untuk beberapa barang yang dibutuhkan.

Tata letak kloset tidak terpengaruh, dan tampilannya minimalis serta bersih.

5. Motif besar

Penggunaan motif besar, seperti garis lebar, dapat menipu mata untuk melihat ruang yang luas. Ukuran luasnya mungkin tetap sama, tetapi kamar mandi akan terasa lebih besar.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com