Kompas.com - 31/01/2021, 09:20 WIB
Ilustrasi membersihkan dapur. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIOIlustrasi membersihkan dapur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan rumah menjadi kegiatan positif yang penting dilakukan setiap penghuninya, demi menciptakan rumah yang bersih, rapi, nyaman dan bebas dari gangguan, serta enak untuk dipandang.

Sayangnya, kegiatan membersihkan rumah seperti sebuah pekerjaan yang menyiksa bagi sebagian orang, layaknya pergi ke tempat gym, karena akan menguras tenaga dan keringat.

Namun, jika rumah tidak dibersihkan, segala macam kotoran, debu, kuman, lantai yang lengket, benda-benda yang berantakan menjadi risikonya, tentu kamu tidak akan betah dengan keadaan seperti itu, yang mana mengundang penyakit.

Baca juga: Ternyata, Ini 8 Manfaat Membersihkan Rumah untuk Kesehatan

Oleh karena itu, jangan pernah ada kata malas untuk kegiatan membersihkan rumah, demi menciptakan lingkungan hidup yang sehat dan nyaman.

Jika kamu ingin melawan rasa malas dalam membersihkan rumah, berikut ini beberapa motivasi yang bisa mendukung untuk melakukan kegiatan tersebut, dilansir dari beberapa sumber, Minggu, (31/1/2021).

1. Bayangkan kondisi rumah jika bersih

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada bersantai di ruang tamu yang bersih tanpa dikelilingi oleh kekacauan atau debu.

Terkadang, hanya dengan membayangkan hasil akhir adalah hal yang kamu butuhkan untuk termotivasi untuk membersihkan rumah.

Baca juga: Simak, 3 Kesalahan dalam Membersihkan Rumah

2. Tangani satu per satu

Daripada memutuskan untuk membersihkan seluruh rumah, pilih satu ruangan untuk dikerjakan atau satu tugas untuk diselesaikan pada hari itu.

Cobalah mencuci pakaian suatu hari nanti, membersihkan dapur di hari berikutnya, lalu menangani kamar tidur dan ruang tamu di hari lain dan seterusnya, sampai seluruh rumah dibersihkan.

3. Jadwalkan dengan terencana

Jadwalkan waktu atau hari khusus untuk kamu membersihkan rumah. Luangkan waktu dan lakukan pembersihan tanpa gangguan teman atau telepon atau film apapun.

Hal ini dapat membantumu tidak menunda-nunda membersihkan rumah.Ketika kamu tidak bisa termotivasi untuk membersihkan rumahmu, hal ini membantu menciptakan rasa urgensi yang sehat.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X