Kompas.com - 31/01/2021, 12:32 WIB
Ilustrasi deterjen bubuk dan cair SHUTTERSTOCKIlustrasi deterjen bubuk dan cair

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini mulai banyak orang yang memutuskan untuk membuat deterjen sendiri untuk mencuci pakaian di rumah. Salah satu alasannya adalah dapat mengetahui sendiri bahan-bahan yang terkandung di dalam deterjen.

Selain itu, beberapa orang juga menganggap membuat deterjen sendiri akan mengurangi pencemaran lingkungan akibat deterjen yang dijual di pasaran.

Anda pun bisa membuat deterjen sendiri di rumah. Cara pembuatannya mudah dan sama efisiennya dengan deterjen yang ada di pasaran.

Baca juga: 6 Manfaat Deterjen Selain untuk Mencuci Pakaian

Untuk Anda yang ingin membuat deterjen sendiri, berikut caranya seperti dikutip dari The Spruce, Minggu (31/1/2021).

Bahan-bahan yang dibutuhkan

  • Parutan
  • Gelas ukur
  • Sarung tangan karet
  • Boraks
  • Soda cuci atau sodium karbonat
  • Sabun batang atau sabun kastil
  • Wadah dengan tutup kedap udara

Cara membuat deterjen

1. Parut sabun batang

Parut sabun batang hingga menjadi serpihan dengan parutan. Anda barangkali membutuhkan lebih dari satu buah sabun batang, tergantung berapa banyak deterjen yang ingin Anda buat.

Baca juga: Deterjen Bubuk Vs Deterjen Cair, Mana yang Lebih Baik?

2. Campurkan bahan-bahan

Masukkan boraks, soda cuci, dan parutan sabun batang ke dalam wadah dengan tutup kedap udara. Perbandingannya adalah 2 : 2 : 1.

Anda bisa membuat sebanyak yang Anda inginkan, namun pastikan proporsi perbandingannya seperti yang telah disebut di atas.

Ingat, soda cuci dapat membuat kulit iritasi, jadi kenakan sarung tangan karet ketika mencampurkan bahan-bahan deterjen.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber The Spruce
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X