Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/05/2021, 16:18 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin pencuci piring atau dishwasher menjadi peranti elektronik dapur yang kini banyak dicari orang. Peranti ini sangat membantu pekerjaan rumah, dalam hal ini mencuci piring, menjadi lebih mudah dan cepat.

Selain itu, mesin pembersih piring juga membuat piring dan peralatan makan lainnya seperti gelas, sendok, dan garpu menjadi lebih bersih. Berbeda dengan peralatan eletronik rumah tangga lainnya, mesin pencuci piring memerlukan perawatan ekstra, terlebih dalam hal pembersihan. 

Baca juga: Seberapa Sering Spons Pencuci Piring Harus Diganti?

Melakukan pembersihan rutin pada mesin cuci piring bertujuan menjaga daya kerja atau kekuatan mesin agar tetap prima serta membuat hasil cucian tetap berkilau. Caranya, dengan membuang sampah atau sisa makanan yang biasa terkumpul di ruang kecil dan area penumpukan mesin pencuci piring. 

Selain itu, membersihkan bagian dalam mesin cuci lainnya seperti rak juga bagian-bagian sisi rak. Sayangnya, sebagian orang masih kebingungan bagaimana cara membersihkan mesin pencuci piring. 

Baca juga: Bikin Pestisida Sendiri, Pakai Minyak Goreng dan Sabun Cuci Piring

Ada dua acara membersihkan mesin cuci piring, secara manual atau menggunakan tangan dan menyetel pengaturan pembersih pada mesin. Kedua cara ini sama efektifnya. Untuk lebih jelasnya, simak dua cara membersihkan mesin pencuci piring di bawah ini yang dilansir dari laman House Beautiful, Sabtu (1/5/2021). 

Pembersihan Manual

Langkah awal yang perlu dilakukan sebelum membersihkan mesin pencuci piring secara manual adalah menyiapkan bahan-bahan yang akan digunakan seperti kain lap bersih, cuka putih, serta angkuk khusus pencuci piring. 

Baca juga: Mengapa Sabun Cuci Piring Ampuh untuk Membersihkan Berbagai Benda?

Setelah itu, lakukan pembersihan dasar. Lepaskan rak piring untuk memudahkan akses pembersihan ke bagian dalam mesin pencuci piring. Gunakan kain bersih untuk menyeka semua permukaan, terlebih pada area sisa penumpukan. Seka semua bagian mesin cuci piring hingga bersih.

Berhati-hatilah dengan bilah atau mata pisau dan semburan air. Ruang kecil ini cenderung menjebak sisa makanan dan puing-puing. 

Baca juga: Sabun Cuci Piring dan Daun Sirsak Bisa Atasi Daun Cabai Mengeriting

Pembersihan dengan Pengaturan Mesin

Jika mesin pencuci piring tidak memiliki pengaturan pembersihan sendiri, berikut cara mengaturnya. Ganti filter mesin cuci piring jika bisa dilepas. Setelah itu, isi mangkuk khusus pencuci piring dengan cuka putih suling dan letakkan di dalam rak paling atas.

Pastikan semua rak piring dalam mesin cuci piring, kecuali rak yang digunakan untuk mangkuk. Selanjutnya, jalankan mesin pencuci piring dengan menyalakan pengaturan air panas dan tunggu hingga siklus selesai. 

Baca juga: Sabun Cuci Piring Tidak Bisa Digunakan untuk Bersihkan Benda-benda Ini

Setelah selesai, keluarkan dan buang air dalam mangkuk tersebut. Taraaaa, mesin cuci piring Anda sudah bersih sekarang dan dapat kembali bekerja lebih efisien. 

Demi menjaga kebersihan dan kekuatan mesin, sebaiknya rutin membersihkan mesin pencuci piring sebulan sekali serta luangkan waktu untuk mengganti filter agar piring tetap berkilau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com