Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Hal yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Bawah Bak Cuci Piring

Kompas.com - 28/02/2021, 13:01 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Bobvila

JAKARTA, KOMPAS.com — Meskipun area di bawah wastafel dapurmu masih luas dan mungkin bisa digunakan sebagai ruang penyimpanan, namun ruang ini bukan tempat yang terbaik untuk meletakkan beberapa peralatan rumah tangga.

Di tempat ini, kamu mungkin bisa meletakkan lap piring, persediaan spons dan sabun cuci piring, kantong sampah dan alat pemadam api kecil untuk keadaan darurat. Namun, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak diletakkan di area ini.

Berikut sepuluh barang yang sebaiknya tidak disimpan di bawah bak cuci piring atau sink, seperti dikutip dari Bobvilla, Minggu (28/2/2021).

Baca juga: Wastafel Dapur Bau? Begini Cara Mudah Membersihkannya

1. Kertas tisu

Karena di tempat ini terdapat pipa ledeng dan sambungannya, maka area ini rawan lembab. Itulah mengapa sebaiknya kamu tidak menyimpan tisu di area ini. Pilhlah tempat yang kering dan bersih untuk menyimpan gulungan tisu milikmu.

2. Peralatan memasak elektronik

Jika kamu benar-benar kekurangan ruang penyimpanan, kamu mungkin ingin memasukkan slow cooker atau pembuat roti yang jarang digunakan ke bagian bawah bak cuci piring miikmu.

Namun ingatlah bahwa peralatan memasak elektronik sebaiknya tidak disimpan berdekatan dengan air. Kamu juga harus menyimpan peralatan ini di tempat yang kering dan tidak lembab serta jauh dari cipratan air.

3. Bahan kimia keras

Banyak orang yang memutuskan untuk menyimpan cairan pembersihnya di bawah bak cuci dapur. Namun jika kamu memiliki anak kecil atau hewan peliharaan, sebaiknya carilah bagian rumah yang lain untuk meletakkannya.

Baca juga: Wastafel Dapur Mampet? Begini Cara Menanganinya

Bahan kimia keras, seperti pemutih, bisa sangat berbahaya jika tertelan oleh anak kecil atau hewan peliharaan.

Pertimbangkan untuk meletakkan produk ini lebih tinggi di dapur atau kamar mandi atau lemari peralatan di mana anak dan hewan peliharaan tak bisa menjangkaunya.

4. Produk yang mudah terbakar

Perhatikan produk yang berlabel "mudah terbakar" dan pastikan untuk menyimpannya di luar dapur. Pernis, alkohol gosok, aerosol, dan produk mudah terbakar lainnya harus disimpan dengan aman di garasi atau ruang berventilasi baik lainnya.

5. Cat

Jika kamu sedang dalam renovasi atau mengerjakan proyekmu sendiri, pastikan untuk menyimpan kaleng cat dan tabung cat semprot jauh dari dapur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com