Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Hanya Cat Kuku, Aseton Juga Bisa Bersihkan Benda-benda di Rumah

Kompas.com - 28/02/2021, 12:20 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Bobvila

JAKARTA, KOMPAS.com — Selama ini kita mengenal aseton kerapkali digunakan untuk membersihkan cat kuku yang pada kuku-kuku jari kita. Rupanya cairan ini tak hanya bisa melakukan tugas kecil membersihkan kuku saja, aseton diketahui bisa membantumu membersihkan benda-benda di rumah.

Bahan kimia ini serbaguna, murah dan sangat membantu pekerjaan membersihkan rumah dari noda-noda membandel.

Namun yang perlu digarisbawahi, aseton sangat mudah terbakar, jadi jangan pernah digunakan di dekat api atau sumber panas.

 

Baca juga: 5 Kesalahan dalam Membersihkan Rumah yang Mungkin Kamu Lakukan

Dapat mengiritasi paru-paru dan selaput lendir, sehingga harus selalu digunakan dengan ventilasi yang baik, dan dapat membuat kulit kering dan pecah-pecah, jadi pakailah sarung tangan saat menggunakannya.

Saat menggunakan bahan kimia yang kuat, pertama-tama uji bagian yang tidak terlihat dengan sedikit aseton untuk memastikan tidak ada efek yang tidak diinginkan.

Dikutip dari Bobvilla, Minggu (27/2/2021), berikut adalah sembilan kegunaan aseton untuk membantu pekerjaan rumah tangga yang bisa kamu terapkan.

1. Menghilangkan bekas lecet

Jika kamu mendapati bekas hitam karena ubin di rumah kecet akibat gesekan, kamu bisa menghilangkannya dengan aseton.

Baca juga: Cara Membersihkan dan Mendisinfeksi Lantai

Caranya, cukup tuangkan beberapa sendok teh aseton ke kain lap atau tisu bersih, dan lap bagian lecet yang mengganggu tersebut. Kemudian bersihkan area tersebut dengan lap bersih yang dibasahi air untuk menghilangkan sisa aseton yang tertinggal.

Namun, jangan mencobanya di lantai kayu, karena aseton dapat menghilangkan lapisan dan meninggalkan bekas permanen pada kayu. Setelah selesai, buang kain lap yang dibasahi aseton, atau biarkan mengering lalu cuci seperti biasa.

2. Noda bekas kopi dan teh pada mug

Jika mug keramik atau gelas favoritmu memiliki noda kopi atau teh cokelat yang tidak bisa hilang dengan pencucian biasa, aseton dapat membantu menghilangkan noda dari mug.

Cukup tuangkan satu atau dua sendok teh aseton ke dalam mug, gosokkan pada area bernoda dengan spons atau kain lap, lalu cuci mug seperti biasa. Buang lap atau spons setelah digunakan dengan aseton, atau biarkan mengering lalu bilas dengan sabun dan air bersih.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Bobvila
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com