Kompas.com - 28/02/2021, 11:38 WIB
Ilustrasi tanaman hias di balkon apartemen. UNSPLASH/IVAN ZONGIlustrasi tanaman hias di balkon apartemen.

JAKARTA, KOMPAS.com — Di masa yang serba daring, apapun bisa kita beli secara online termasuk tanaman. Terlebih di masa pandemi virus corona, para penjual tanaman semakin gencar mempromosikan dagangannya melalui daring.

Beberapa platform belanja online juga semakin gencar mempromosikan berbelanja tanaman melalui sistem daring.

Berbelanja tanaman online juga cukup membantumu menemukan tanaman-tanaman eksotis atau langka yang tidak tersedia di daerahmu dan hanya ada di daerah tertentu.

Baca juga: 5 Tanaman Hias Unik, Philodendron Pink Hingga Kaktus Susu

Namun, sebelum kamu membeli tanaman hias secara online, ada baiknya memperhatikan beberapa hal.

Menurut Stacey Noble, Manajer Bisnis Ritel untuk Ball Horticultural Company dan Erin Marino, Direktur Pemasaran Merek untuk The Sill, sebuah perusahaan yang berbasis di New York City yang mengkhususkan diri dalam pengiriman tanaman tropis dan succulents, tanaman penghuni gurun.

Menurut keduanya, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh mereka yang berbelanja tanaman secara daring. Berikut adalah daftarnya. 

1. Jangan membaca ulasan pelanggan

Marino menyarankan untuk mencari ulasan penjual di Google dan Yelp, selain membaca ulasan pelanggan di ‘lapak’ daring pedagang tanaman.

Baca juga: 8 Tanaman Hias Berukuran Kecil yang Cocok Jadi Dekorasi Rumah

"Ini akan membantumu menetapkan ekspektasi yang realistis berdasarkan pengalaman pelanggan sebelumnya,” ujar Marino seperti dikutip dari Bobvila, Minggu (28/2/2021).

Pelanggan sebelumnya bisa jadi memiliki banyak informasi. Ulasan di laman penjual sering kali menampilkan satu hingga lima bintang (dengan lima bintang sebagai yang terbaik), akan memberimu gambaran tentang kepuasan pelanggan secara keseluruhan dengan pabrik tertentu.

Adapun membaca ulasan perusahaan di situs eksternal juga akan sering mengungkapkan apa yang pelanggan suka atau tidak suka tentang proses transaksi dan pengiriman.

2. Baca syarat dan ketentuan

Gambar tanaman yang kamu lihat di situs adalah representasi dari tampilan tanamanmu nantinya, tetapi tanaman yang nanti datang ke rumah tidak akan terlihat seperti itu saat tiba.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Bobvila
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X