Kompas.com - 26/02/2021, 10:06 WIB
Ilustrasi tanaman hias Monstera variegata SHUTTERSTOCK/DENISE1203Ilustrasi tanaman hias Monstera variegata

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat berbagai jenis tanaman hias kini banyak digandrungi oleh beberapa orang.

Sebab, meletakkan tanaman hias di luar rumah akan memberikan nuansa yang berbeda, bahkan jika diletakkan di dalam rumah, menjadikan tanaman hias ini sebagai elemen dekorasi yang cantik.

Berbagai tanaman hias dapat menjadi pilihan yang menarik, mulai dari monstera, philodendron, berbagai macam kaktus, dan tanaman hias lainnya.

Baca juga: 8 Tanaman Hias Berukuran Kecil yang Cocok Jadi Dekorasi Rumah

Dilansir dari The Spruce, Jumat (26/2/2021) ada beberapa tanaman yang mengalami cacat genitik yang menyebabkan variegasi di dunia tumbuhan. Minimnya pigmen hijau (klorofil) pada beberapa sel tumbuhan merupakan ciri khas pada daun yang membuat tampilan tanaman menjadi lebih menarik.

Variegasi biasanya merupakan hasil mutasi sel. Tanaman apa pun dengan variegasi dapat menarik perhatian dan membuatnya lebih diminati.

Kelompok tanaman lain yang sangat dicari adalah aroids. Ini adalah tumbuhan dalam keluarga Araceae dan termasuk varietas populer seperti tumbuhan Pothos, Philodendron, Alocasia, Monstera, dan ZZ.

Tanaman ini memiliki bentuk dan tekstur daun yang mencolok, dan terkadang, variasi yang unik. Jenis tanaman apa saja yang termasuk tanaman unik? Simak ulasannya berikut.

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan Dekat Jendela

Monstera Deliciosa Variegata

Sama halnya dengan monstera pada umumnya, monstera deliciosa variegata juga memiliki daun yang lebar, hanya yang membedakan ada bercak putih pada daunnya. Bercak putih ini membuat tanaman ini menjadi lebih unik dan cantik.

Philodendron Pink Princess

Jika biasanya philodendron hanya memiliki warna hijau pada permukaan daunnya, tanaman ini memiliki bercak merah muda pada beberapa sisi permukaan daunnya.

Philodendron pink princess adalah Philodendron erubescens, tanaman tropis yang cukup umum ditemukan di banyak pembibitan.

Warna pink pada permukaan daunnya tak hanya menambahkan kesan yang sangat cantik, namun menambah nilai jual tanaman ini yakni bisa mencapai Rp 1 juta hingga Rp 3 jutaan.

Halaman:


Sumber The Spruce
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X