Kompas.com - 28/02/2021, 08:09 WIB
Ilustrasi tanaman cabai di dalam pot. PIXABAY/LEELUUIlustrasi tanaman cabai di dalam pot.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam proses budidaya tanaman cabai, terdapat beberapa permasalahan yang bisa menghampiri, daun cabai yang jadi keriting adalah salah satu permalasahan yang cukup sering dihadapi.

Saat daunnya menjadi keriting, hal ini berpengaruh buruk bagi pertumbuhan tanaman cabai, yang mana menyebabkan nutrisi tidak bisa diproses secara sempurna, sehingga cabai tidak bisa tumbuh lebat, bahkan gagal tumbuh.

Jika daun keriting terjadi pada tanaman cabai yang kamu tanam, mungkin kamu bertanya "apa hal yang bisa menjadi penyebabnya?"

Baca juga: Menanam Cabai Bisa di Dalam Rumah, Begini Caranya

Untuk menjawab rasa penasaranmu, berikut ini adalah beberapa penyebab yang bisa membuat daun tanaman cabai menjadi keriting, dilansir beberapa sumber, Minggu (28/2/2021).

1. Serangan hama

Keriting daun pada tanaman cabai bisa disebabkan oleh serangan hama seperti hama kutu kebul atau tungau, hama thrips, hingga aphids, tapi tidak hanya ini saja penyebab daun tanaman cabai jadi keriting.

Dikutip dari Cybex Pertanian, hama thrips, aphids, tungau bisa menyerang sepanjang musim, dimanapun tanaman berada dan menyerang semua jenis tanaman cabai.

Ketiga hama tersebut memiliki cara menyerang tanaman cabai yang hampir sama, namun gejala serangan dan akibat serangan sangat berbeda.

Baca juga: Tips Menanam Cabai Saat Musim Hujan agar Tidak Membusuk

Saat hama thrips, aphids, tungau menyerang tanaman cabai, hal itu menyebabkan keriting dan mengerut pada daun cabai.

2. Overdosis pestisida

Sebelum kamu melakukan penyemprotan pestisida pada tanaman cabai, ada baiknya baca terlebih dahulu petunjuk-petunjuk yang ada di dalam kemasan pestisida, sehingga kamu mengetahui berapa dosis yang harus digunakan.

Dilihat dari Channel Youtube Anak Petani, jangan sekali-sekali kamu mencampurkan dua jenis insektisida yang berbeda atau dua jenis fungisida dengan bahan aktif yang berbeda dalam satu kali aplikasi ke tanaman cabai.

Sebaiknya, gunakanlah penyemprotan bahan aktif tunggal seperti satu bahan aktif insektisida saja ditambah satu bahan aktif fungisida saja.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X