Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/02/2021, 11:31 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Treehugger

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman memiliki banyak manfaat, mulai dari memberikan udara yang lebih baik dan sejuk, dapat menjadi elemen dekorasi, memurnikan udara, hingga mengatasi kulit kering.

Dilansir dari Treehugger, Senin (22/2/2021), kepala peneliti hortikultura Tijana Blanusa di Reading University menemukan bahwa menanam tanaman tertentu di dalam ruangan sangat bagus untuk kulit Anda.

Hal ini bisa terjadi sebab, tanaman mengalami transpirasi, di mana tanaman kehilangan air melalui daunnya dan menjaga kelembapan di udara. Ini seperti mengaktifkan pelembab udara secara penuh, namun tanpa penggunaan listrik.

Baca juga: 5 Cara Mudah Menanam Tanaman Hias di Air

“Tanaman rumahan mungkin merupakan cara yang sederhana dan terjangkau untuk mengurangi kekeringan udara di dalam ruangan dan meringankan gejala kulit kering," kata Blanusa.

Tanaman yang memiliki manfaat tersebut adalah tanaman yang memiliki proses transpirasi yang lebih tinggi dan dnegan luas permukaan daun yang lebar serta banyak.

“Dalam penelitian kami terhadap tujuh varietas, kinerja terbaik adalah lily (Spathiphyllum) dan ivy (Hedera) tetapi kemungkinan ada banyak spesies lain yang karakteristiknya cocok untuk pekerjaan itu dan masih perlu diuji,” jelas Blanusa.

Dia mengatakan bahwa bunga lili dapat menghasilkan air yang setara dengan cangkir teh kecil sehari.

Baca juga: Letakkan Arang di Pot Tanaman Hias Indoor, Ini Manfaatnya

Selain itu, tanaman menangkap debu dan partikel dari udara dalam ruangan, area daun yang luas bagus untuk memberikan manfaat ini.

Sejumlah senyawa kimia seperti yang ditemukan pada cat dan perabotan, serta gas yang dikeluarkan saat memasak dan pembakaran dapat dihilangkan dengan tanaman hias.

Namun, lebih banyak yang perlu diketahui tentang jumlah pasti tanaman, dan kombinasinya diperlukan untuk mendapatkan efek pada skala ruangan dan menghilangkan banyak senyawa dengan baik.

Lantas tanaman apa saja yang dapat mengatasi kulit kering? Berikut beberapa di antaranya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com