Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/02/2021, 12:47 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias tidak hanya cantik ketika diletakkan di pekarangan rumah. Tanaman hias pun menjadi dekorasi rumah yang sangat baik di dalam ruangan.

Selain itu, menempatkan tanaman hias di dalam ruangan juga memiliki serangkaian manfaat. Selain bisa menjadi elemen dekorasi rumah, tanaman hias dalam ruangan atau tanaman hias indoor juga bisa mengusir stres hingga menjernihkan udara di dalam ruangan.

Meski demikian, bukan berarti perawatan tanaman hias indoor lebih mudah dibandingkan tanaman hias yang ada di luar ruangan. Beberapa hal perlu Anda perhatikan agar tanaman hias tidak mati di dalam ruangan.

Baca juga: 5 Hal yang Membuat Tanaman Hias Indoor Mati

Salah satunya adalah soal menyiram tanaman. Penyiraman secara berlebihan alias overwatering adalah salah satu cara membunuh tanaman hias indoor.

Dilansir dari Better Homes & Gardens Australia, Minggu (21/2/2021), sebagian besar tanaman tidak menyukai tanah yang tergenang air. Sebab, ini akan membuat akarnya rentan terhadap pembusukan, jamur, dan bakteri.

Dengan demikian, selalu ingat bahwa Anda harus menyediakan drainase yang baik bagi tanaman hias indoor Anda.

Anda dapat membuat tanaman bahagia dengan menggunakan pot yang memiliki lubang drainase, atau dengan menambahkan lapisan batu dan kerikil ke bagian bawah penanam. Ini mengarahkan air menjauh dari akar tanaman.

Baca juga: Akar Tanaman Hias Indoor Busuk? Ini Penyebab dan Cara Menanganinya

Cara cerdas lainnya untuk menjaga kesehatan tanaman hias indoor adalah dengan menambahkan lapisan arang hortikultura ke dalam pot tanaman.

Arang akan menyerap kelebihan air dari akar tanaman Anda dan membuat tanah tetap “manis” dengan melindungi dari bakteri, jamur dan pembusukan. Ini juga membantu menghilangkan bau, dan sangat efektif di terrarium.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com