Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tanaman Hias Indoor yang Cocok Digantung di Rumah

Kompas.com - 23/12/2020, 09:40 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias adalah sarana yang bagus untuk menyempurnakan dekorasi rumah. Namun, seringkali sulit menemukan sudut atau tempat untuk meletakkan tanaman hias di rumah.

Solusinya adalah menggantung tanaman hias di dalam rumah maupun di luar rumah.

Untuk menggantung tanaman hias, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, sadari bahwa tanaman-tanaman hias indoor biasanya membutuhkan lingkungan dengan kelembaban yang cukup dengan cahaya matahari terang namun tidak langsung.

Baca juga: Tak Hanya Cantik, Ini Manfaat Tanaman Gantung untuk Kesehatan

Selain itu, sebaiknya tidak menempatkan tanaman hias terlalu dekat dengan jendela yang dilalui banyak angin. Pun investasi pada botol semprotan ubtuk menyemprotkan air pada tanaman guna meningkatkan kelembaban udara.

Di samping itu, Anda juga harus memperhatikan penyebab umum kematian tanaman hias, antara lain kekurangan atau kelebihan penyiraman, atau kombinasi keduanya. Dengan demikian, cek kebutuhan air masing-masing tanaman hias.

Pastikan tanah mengering di antara penyiraman, sirami sedikit saja di cuaca dingin, serta sirami secara teratur ketika periode tumbuh.

Dilansir dari Country Living, Rabu (23/12/2020), berikut beberapa jenis tanaman hias indoor yang cocok dijadikan tanaman hias gantung.

Baca juga: Mau Meletakkan Tanaman Hias Gantung di Dalam Rumah? Ini Panduannya

1. Spider plant

Menurut Zia Allaway, penulis RHS Practical House Plant Book, tanaman hias indoor yang sangat mudah dirawat adalah spider plant atau Chlorophytum comosum.

"Saya menyukainya karena daunnya yang seperti air terjun dan warnanya berkombinasi. Spider plant yang baru tumbuh pun berkeliling di antara daun dengan cabang bergelombang," jelas Allaway.

Tanaman ini membutuhkan cahaya matahari tidak langsung, dapat bertahan dalam kekeringan, dan tidak repot dalam perawatannya.

2. Peperomia quadrangularis

Ilustrasi tanaman hias Peperomia quadrangularis. SHUTTERSTOCK/GABRIEL FISET Ilustrasi tanaman hias Peperomia quadrangularis.

Bagi Jane Perrone, pengampu podcast Houseplant on the Ledge, tanaman Peperomia quadrangularis alias Peperomia angulata cocok dijadikan tanaman hias gantung di rumah.

Tanaman ini memiliki daun hijau berurat pada batang yang menjuntai hingga sekitar setengah meter.

"Saya hanya memberi air dan memberinya makan sesekali, namun (tanaman ini) terus berkembang. Daunnya yang kasar menarik dan tetap kompak daripada menjadi kurus seperti tanaman lainnya," ujar Perrone.

3. String of beads

Senecio rowleyanus atau string of beads dikenal karena daun berdaging yang menancapkan sulur-sulurnya yang panjang.

Tanaman ini berasal dari Afrika dan lebih menyukai atmosfer kering dan tahan kekeringan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com