Sabun Cuci Piring dan Daun Sirsak Bisa Atasi Daun Cabai Mengeriting

Kompas.com - 01/03/2021, 20:24 WIB
Ilustrasi tanaman cabai. UNSPLASH/PRINCE ABIDIlustrasi tanaman cabai.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika daun tanaman cabai berubah menjadi keriting, itu adalah salah satu permasalahan yang kerap terjadi dalam proses budidaya. 

Penyebab daun tanaman cabai yang menjadi keriting paling umum dikarenakan oleh serangan hama thrips, aphids, dan tungau atau kutu putih.

Serangan hama-hama tersebut membuat daun tanaman cabai menjadi kerinting, karena segala macam zat pertumbuhan daun dihabisi oleh hama.

Baca juga: 4 Penyebab Daun Tanaman Cabai Jadi Keriting

Saat daun tanaman cabai jadi keriting, hal itu membuat tanaman cabai mengalami kegagalan pertumbuhan dan pada akhirnya tidak bisa berbuah.

Apabila tanaman cabai milikmu juga mengalami daun keriting, maka ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya, dan itu tidak sulit.

Dilihat dari kanal Youtube Rumah Petani TV, Senin (1/3/2021), daun tanaman cabai keriting bisa kamu atasi hanya menggunakan kombinasi air sabun cuci piring dan daun sirsak.

Alat dan bahan yang perlu dipersiapkan

  1. Botol semprot tanaman
  2. Ember
  3. Sebuah sendok makan
  4. Gunting
  5. Air 1-2 liter
  6. Sabun pencuci piring cair
  7. 3 lembar daun sirsak (bisa diganti dengan daun pepaya jika tidak ada)

Baca juga: Menanam Cabai Bisa di Dalam Rumah, Begini Caranya

Cara pembuatan dan pengaplikasian

1. Masukkan 1-2 liter air ke dalam ember yang telah dipersiapkan.

2. Potong daun sirsak menjadi kecil-kecil menggunakan gunting dan masukkan dalam air yang ada di ember. Aroma dari daun sirsak ini sangat pekat, sehingga tidak disukai oleh hama.

3. Masukkan 1 sendok makan sambu pencuci piring cair ke dalam air yang telah dimasukkan daun sirsak. Aduk air sampai sabun pencuci larut merata dan diamkan selama 10 menit agar bahan-bahannya menyatu.

4. Ambil air larutan sabun pencuci piring dan daun sirsak yang ada di ember dan masukkan ke dalam botol semprot tanaman.

5. Semprotkan ke tanaman cabai yang mengalami keriting daun. Penyemprotan ini bisa dilakukan 2 kali sehari sampai tanaman cabai pulih kembali.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X