Kompas.com - 27/04/2021, 09:39 WIB
Ilustrasi minyak sayur, minyak nabati. SHUTTERSTOCK/ALEKSANDERS SAMUILOVSIlustrasi minyak sayur, minyak nabati.

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat tanaman berarti Anda juga harus menjaga agar hama tidak menyerang tanaman Anda. Namun, jika hama sudah telanjur menyerang, Anda perlu segera melakukan tindakan penanganan dan pembasmian.

Ada banyak pestisida yang dijual di pasaran untuk membasmi berbagai hama tanaman. Namun demikian, Anda juga bisa membuat pestisida sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang sudah ada.

Dilansir dari Plant Care Today, Selasa (27/4/2021), salah satunya adalah pestisida minyak putih, yang merupakan pestisida semprot alami yang sangat populer di Australia. Minyak putih ini adalah resep sederhana untuk mengendsliksn berbagai macam hama tanaman.

Baca juga: 6 Hama Serangga yang Sering Menyerang Tanaman dan Cara Membasminya

Pestisida alami ini terbuat dari satu bagian sabun cuci piring dan dua bagian minyak goreng nabati atau minyak sayur. Minyak putih ini telah lama digunakan dan dijadikan pengendalian hama selama beberapa dekade terakhir.

Banyak yang mengklaim semprotan minyak ini sangat efektif bila digunakan melawan serangga pengunyah dan penghisap seperti kutu putih, scale, kutu daun, dan leafminer atau lalat penggorok daun

Cara membuat pestisida dari minyak goreng dan sabun cuci piring

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Membuat pestisida minyak putih sangat mudah dan lebih ekonomis. Ini adalah kombinasi sederhana dari minyak goreng nabati atau minyak sayur dan sabun pencuci piring.

Meskipun beberapa resep menggunakan jenis minyak tertentu seperti minyak biji bunga matahari, namun Anda dapat menggunakan minyak nabati (jenis minyak non-mineral) apa pun. Banyak juga yang menggunakan minyak kanola. 

Baca juga: 5 Cara agar Tanaman Sayuran di Halaman Rumah Tak Diserang Hama

Adapun sabun cuci piring yang digunakan dapat berupa merek apa saja.

Cara membuat

Untuk membuat konsentrat minyak putih, campurkan sabun cuci piring dan minyak goreng nabati dengan tingkat perbandingan larutan 1 hingga 2. Sesuaikan jumlahnya dengan kebutuhan Anda.

Untuk mencampurkan bahan, pilih stoples atau botol dengan tutup yang rapat. Pastikan untuk memberi label yang mengidentifikasinya sebagai pestisida.

Masukkan bahan ke dalam wadah, kencangkan tutupnya dan kocok kuat-kuat. Minyak dan sabun pencuci piring akan bercampur menjadi campuran berwarna putih dan lembut.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.