Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Membersihkan Perhiasan Emas dan Perak, Bisa Pakai Sabun Cuci Piring

Kompas.com - 07/04/2021, 09:39 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski memiliki kilau bercahaya yang begitu indah dilihat, sebuah perhiasan emas maupun perak tetap mampu terpapar segala macam noda dan kotoran.

Paparan debu, kotoran, losion dan sabun, bahkan udara dan kelembapan dapat menumpulkan perhiasan favorit milikmu dari waktu ke waktu, sehingga menghilangkan kilauannya.

Untungnya, kamu dapat membersihkan sebagian besar perhiasan emas maupun perak milikmu di kotak perhiasan tanpa harus pergi ke toko perhiasan profesional.

Baca juga: 10 Manfaat Pasta Gigi, Bersihkan Kamar Mandi hingga Perhiasan Usang

Untuk memulihkan dan mengembalikan kilau perhiasan emas dan perak milikmu, berikut beberapa cara mudah untuk membersihkannya, dilansir dari beberapa sumber, Rabu (7/4/2021). 

1. Gunakan bubuk atau cairan pencuci piring

Setiap rumah tangga memiliki bubuk atau cairan pencuci piring untuk mencuci peralatan masak dan makan.

Bubuk maupun cairan pencuci piring adalah agen penting dan kuat yang dapat membersihkan perhiasan emas. Untuk cara ini, kamu perlu mengambil sebuah mangkuk berisi air hangat.

Kemudian tambahkan bubuk atau cairan pencuci piring dan rendam emas dalam larutan ini selama beberapa waktu. Sekarang ambil sikat gigi dan sikat di bagian tepinya, agar kotoran mudah keluar. 

Baca juga: 6 Kesalahan dalam Membersihkan Kamar Mandi yang Harus Dihindari

Kemudian, rendam perhiasan dalam air bersih dan lap dengan kain bersih dan lembut. Ini adalah salah satu solusi termurah namun ampuh untuk membersihkan perhiasan emas.

2. Pakai pasta gigi

Menggunakan pasta gigi adalah pengobatan rumahan lain yang mudah namun murah untuk membersihkan emas. Kamu bisa mengambil sedikit pasta gigi dan mengoleskannya pada perhiasan.

Sekarang, gosok perhiasan menggunakan sikat gigi bekas dan tempelkan ke bagian tepi dan sudut. Gunakan pasta gigi yang lembut, sehingga membantu menghilangkan kotoran dengan mudah tanpa menghilangkan kilauan ornamen.

Kemudian, rendam perhiasan dalam air hangat selama 5 menit. Tepuk-tepuk hingga kering dengan kain lembut.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com