Kompas.com - 01/05/2021, 18:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kita tentu merasa kesal dan jijik saat melihat tikus, serangga, kecoak, atau jenis hama lainnya di sekitar rumah. Jika kamu menemukannya di rumah, ini artinya kamu harus segera melakukan sesuatu.

Kehadiran hama merugikan ini tidak hanya akan membuat jijik, tapi juga membawa penyakit. Untuk itu, ada baiknya kamu segera mengusirnya dan mencegahnya agar tak lagi masuk ke rumah. 

Baca juga: Tips Ampuh Menangkap Tikus yang Sering Berkeliaran di Plafon Rumah

Berikut adalah empat tips yang bisa kamu coba agar hama tak masuk ke rumah seperti dilansir dari Roohome, Sabtu (1/5/20210.

Tutup Pintu dan Jendela

Jika kamu tidak ingin hama memasuki rumah, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan semua pintu dan jendela tertutup rapat. Sebagian besar hama masuk ke rumah melalui ruang kecil yang tersisa di antara pintu dan jendela. 

Baca juga: 6 Hama Serangga yang Sering Menyerang Tanaman dan Cara Membasminya

Ada baiknya kamu memeriksa semua pintu dan jendela di rumah. Jika ada celah sekecil apa pun, tutup dengan bahan yang sesuai. Kamu juga bisa menyumpal celah itu dengan semen atau selembar kain.

Jika kamu sudah menutupnya, segera hubungi pengendali hama profesional agar hama bisa mati dan tidak akan kembali. 

Baca juga: 7 Penyebab Kecoak Muncul Tiba-tiba di Dalam Rumah

Buang Sampah dengan Benar

Jika kamu tidak membuang sampah dengan benar, ini akan mengundang hama masuk ke dalam rumah. Sampah dan tempat sampah akan menarik hama. Untuk itu, disarankan menggunakan kantong yang tepat untuk tempat sampah serta buang sampah jika sudah penuh. 

Jangan terlalu lama menyimpan kantong sampah di tempat sampah rumah. Semakin lama sampah tinggal, semakin banyak bau yang ditimbulkannya dan semakin banyak hama yang tertarik dengan aromanya. 

Baca juga: 5 Cara agar Tikus Tidak Bersarang di Dapur

Selain itu, pastikan menjaga tempat sampah agar tetap bersih karena tempat sampah yang kotor bisa mengundang hama seperti tikus, serangga, dan kecoak. 

Rawat Taman di Halaman Rumah

Jika kamu memiliki taman di halaman, entah itu taman kecil atau besar, sebaiknya jangan membiarkannya terlantar. Rawat dan potonglah cabang pohon serta daun yang telah tumbuh tinggi di taman. 

Baca juga: 4 Tanaman yang Dapat Mengusir Hama dan Serangga

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Roohome
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.