Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Menggantung Tanaman Eucalyptus di Kamar Mandi

Kompas.com - 01/05/2021, 15:17 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbagai tanaman yang diletakkan di dalam rumah dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan seperti menghilangkan racun di udara dan mengatasi kecemasaan serta stres.

Tanaman di dalam rumah tak hanya bisa diletakkan di ruangan yang menjadi tempat berkumpul seperti ruang tamu, ruang keluarga, atau ruang makan, tapi juga dapat ditaruh di kamar mandi. Bahkan, ada salah satu tanaman yang berkhasiat lebih jika diletakkan di area lembap, yakni tanaman eucalyptus

Baca juga: Karbol Wangi Eucalyptus, Basmi Kuman Sekaligus Beri Keharuman

Dilansir dari Marthastewart, Sabtu (1/5/21), eucalyptus memiliki aroma yang segar dan sifat aromaterapi. Selain itu, dapat menambah nuansa di dalam kamar mandi, terutama jika menggantungnya di dekat pancuran air atau shower

Studi telah mengaitkan bahwa menghirup minyak kayu putih (eucalyptus yang sudah diekstrak) dapat mendatangkan banyak kesehatan. Mulai dari, mengurangi stres, rasa sakit, penurunan tekanan darah, hingga masalah pernapasan dan sinus. 

Baca juga: Beragam Manfaat Minyak Eucalyptus, untuk Pernapasan hingga Antibakteri

Penelitian pada 2014 juga menunjukkan menghirup minyak kayu putih sebelum operasi dapat menurunkan kecemasan pasien. Sementara penelitian satu tahun sebelumnya mengaitkan eucalyptus dengan penurunan rasa sakit, pembengkakan, dan pembengkakan pada pasien yang baru pulih dari operasi penggantian lutut.

Aroma segar dan tajam dari tanaman eucalyptus membantu membersihkan sinus dan menyegarkan otak. Saat menghirup minyak kayu putih ke dalam saluran pernapasan, hal itu bisa membantu mengurangi peradangan dan mengurangi sinus. 

Baca juga: 10 Tanaman yang Mampu Usir Udara Berbahaya di Dalam Ruangan

Jika merasa lelah, Anda dapat menggunakan eucalyptus atau minyak kayu putih untuk memulihkan energi, meningkatkan kejernihan mental, serta kewaspadaan. 

Saat menggantungkan di kamar mandi, mungkin eucalyptus tidak memiliki efek terlalu kuat seperti minyaknya, tetapi masih bisa merasakan manfaatnya. Namun, jarak yang dekat serta tambahan panas dan kelembapan dari pancuran air dapat meningkatkan manfaat kesehatan eucalyptus

Baca juga: 4 Tanaman Ini Tidak Akan Mati walaupun Terlalu Banyak Disiram

"Uap membantu melonggarkan molekul eucalyptus ke udara, membuatnya lebih mudah untuk dihirup," kata Amy Rothenberg, dokter di Naturopathic Health Care. 

Biasanya, paparan lima atau 10 menit menghirup tanaman eucalyptus sudah cukup meskipun beberapa orang mentoleransi waktu yang lebih lama. 

Baca juga: 10 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Kamar Tidur Minimalis

Untuk meletakkan eucalyptus di kamar mandi, kumpulkan dahan-dahan menjadi satu menggunakan benang atau karet gelang dan letakkan di atas kepala pancuran.

Untuk memilih cabang utama, kata Rothenberg, Anda harus memilih tangkai hijau segar yang aromatik agar dapat mencium eucalyptus dengan mudah. Hindari daun berjamur dan materi berdaun cokelat gelap.

Baca juga: Jenis-jenis Tanaman Sukulen yang Beracun untuk Kucing

"Seikat kayu putih segar harus tetap segar di kamar mandi selama dua hingga tiga minggu, namun ini tergantung pada kelembapan di ruangan. Yang harus diperhatikan adalah ganti tanaman ini jika mulai melihat jamur, kecokelatan, dan saat aromanya tidak lagi menarik," ucap Rothenberg. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com