Kompas.com - 22/04/2021, 14:05 WIB
Ilustrasi tanaman hias Aglonema Pride of Sumatra. SHUTTERSTOCK/UNTUNGSUBAGYOIlustrasi tanaman hias Aglonema Pride of Sumatra.

JAKARTA, KOMPAS.com- Kamar tidur merupakan salah satu ruang ternyaman di rumah. Setidaknya, seseorang menghabiskan sekitar delapan jam setiap malam untuk tidur di ruangan ini. Bahkan durasi itu bisa lebih banyak ketika seseorang lebih nyaman dan senang menghabiskan waktu di dalam kamar.

Untuk itu, penting menciptakan suasana senyaman mungkin di kamar tidur. Kenyamanan itu bisa didapat lewat berbagai faktor, mulai dari dekorasi, interior, warna kamar, hingga meletakkan tanaman di dalam kamar tidur.

Baca juga: Udara di Dalam Rumah Kering? Letakkan 5 Tanaman Hias Ini

Dilansir dari Goodhousekeeping, Kamis (22/4/21), NASA menemukan bahwa banyak tanaman populer seperti dracaena dan snake plant atau lidah mertua dapat membuang racun serta meningkatkan kualitas udara secara keseluruhan. Hal ini merupakan kunci untuk istirahat malam yang lebih bersih atau sehat. 

Jangan khawatir, meski kamar tidur tidak memiliki banyak jendela atau sinar matahari alami, Anda dapat memilih tanaman hias yang dapat bertahan dalam kondisi cahaya redup atau cenderung gelap.

Baca juga: 6 Tanaman Hias Indoor yang Bisa Tumbuh Tanpa Tanah

Begitu pun, bila tidak memiliki cukup rak, meja rias, atau ruang cukup besar untuk meletakkan tanaman hijau, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggantungkannya. Lantas, tanaman apa saja yang dapat diletakkan di dalam kamar tidur berukuran kecil alias kamar minimalis? Berikut beberapa pilihannya. 

Lidah Mertua 

Memiliki bentuk vertikal seperti pedang, snake plant atau yang dikenal dengan lidah mertua adalah tanaman yang cocok diletakkan di setiap area kamar tidur. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Sansevieria ini menjadi tanaman hias yang populer selama beberapa dekade terakhi. Hal ini karena lidah mertua hanya membutuhkan sedikit cahaya juga air. 

Pothos 

Tanaman merambat yang kuat ini memiliki daun beraneka warna mengkilap, yang menggantung sempurna di atas meja rias atau rak. Tanaman ini lebih menyukai cahaya sedang, tetapi mampu juga beradaptasi dengan cahaya redup. 

Baca juga: Manfaat dan Cara Merawat Tanaman Hias Lidah Mertua

Rubber Plant 

Daun mengkilap, gelap, atau beraneka ragam di tanaman tegak ini cocok diletakkan di ruang kecil mana pun. Meski lebih menyukai cahaya terang, terutama matahari pagi yang difilter, rubber plant dapat mentolerir cahaya rendah. Lakukan penyiraman seminggu sekali saat tanah agak mengering. 

Monstera 

Monstera biasa disebut swiss cheese plant karena mempunyai daun yang berlubang layaknya keju. Tanaman ini membutuhkan cahaya sedang dan penyiraman setiap minggu. Namun, bila Anda memiliki hewan peliharaan seperti anjing, kucing, dan hewan lainnya, sebaiknya hindari merawat tanaman ini karena daunnya dapat mengganggu. 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X