Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meletakkan Tanaman di Kamar Baik untuk Kesehatan, Ini Alasannya

Kompas.com - 23/01/2021, 09:46 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Healthline

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain dapat memberikan kesan cantik dan teduh, tumbuhan juga dapat bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental dengan berbagai cara.

Dilansir dari Health Line, Sabtu (23/1/2021), penelitian baru dari Beihang University di Beijing, juga dikenal sebagai Beijing University of Aeronautics and Astronautics, China menunjukkan bahwa memiliki sedikit tanaman hias di rumah juga dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Menurut studi baru, berinteraksi dengan tanaman sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur orang yang tinggal di lingkungan yang terisolasi, termasuk di luar angkasa.

Baca juga: 7 Tanaman Hias Terbaik untuk Kamar Tidur, Apa Saja?

Penelitian ini dapat berdampak signifikan pada cara program luar angkasa di masa depan menyusun ruang hidup untuk astronot, dan dapat menyebabkan tanaman lebih diprioritaskan di masa depan.

Warna-warna yang menenangkan

Selama penelitian, partisipan diminta berinteraksi dengan tanaman di kamar mereka sebelum tidur. Para peneliti meneliti efek dari tiga spesies tumbuhan yang berbeda yakni ketumbar, stroberi, dan tanaman berwarna ungu.

Peneliti mengambil sampel air liur dan memantau tidur peserta, menyimpulkan bahwa tanaman hijau (ketumbar dan stroberi) memiliki efek paling positif pada siklus tidur dan kesejahteraan emosional peserta. Ini menunjukkan bahwa warna hijau tanaman menghasilkan efek menenangkan.

Aroma yang menenangkan

Penelitian juga menunjukkan bahwa wewangian tanaman yang dapat dimakan seperti ketumbar dan stroberi dapat membantu pengaturan suasana hati dan relaksasi. Hasilnya menunjukkan bahwa emosi dan tidur berhubungan erat.

Baca juga: 8 Tanaman Bunga yang Cocok Ditanam di Pot di Dalam Rumah

Penelitian sebelumnya mendukung teori ini, yang menunjukkan bahwa wewangian tumbuhan dan bunga alami dapat membantu mengatur sistem saraf dan membantu Anda tertidur lebih cepat. Inilah salah satu alasan aromaterapi digunakan untuk meningkatkan kualitas tidur.

Penelitian lain menunjukkan bahwa aroma tanaman tertentu yang dapat dimakan bahkan dapat meningkatkan kadar dopamin, yang juga dikenal sebagai hormon bahagia.

Lebih sedikit stres

Para peneliti menemukan bahwa hanya 15 menit interaksi dengan tanaman hijau dapat membantu mengurangi konsentrasi kortisol (hormon stres), mengurangi latensi tidur (waktu yang dibutuhkan Anda untuk tertidur), meningkatkan integritas tidur dengan mengurangi jumlah kejadian kebangkitan mikro (frekuensi Anda keluar dari tidur nyenyak di malam hari).

Semua faktor ini menambah tidur malam yang lebih baik dan lebih nyenyak, membantu Anda bangun dengan perasaan segar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com