7 Tips Penataan Kamar Tidur Sempit agar Tak Terasa Sesak

Kompas.com - 22/01/2021, 20:21 WIB
Ilustrasi kamar tidur sempit SHUTTERSTOCK/DemkatIlustrasi kamar tidur sempit

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki kamar tidur sempit tidak perlu membuat Anda berkecil hati. Sebab, kamar tidur sempit tersebut harus dibarengi dengan memaksimalkan ruang yang ada, dengan demikian luasan terbatas tak jadi masalah.

“Saya sebenarnya lebih suka kamar tidur yang lebih kecil daripada yang lebih besar. ( Kamar tidur sempit) lebih nyaman dan Anda tidak perlu membuang uang untuk menyediakan kamar dengan area tempat duduk yang tidak akan pernah digunakan oleh siapa pun,” kata desainer interior Max Humphrey yang berkantor di Portland, Oregon, AS seperti dikutip dari Architectural Digest, Jumat (22/1/2021).

Untuk Anda yang ingin mendekorasi kamar tidur sempit, berikut ini beberapa tips penataan kamar tidur sempit yang dibagikan oleh Humphrey.

Baca juga: 7 Tanaman Hias Terbaik untuk Kamar Tidur, Apa Saja?

1. Pastikan tata letak tetap sederhana

Tidak ada trik untuk tata letak kamar tidur sempit, menurut Humphrey.

“Biasanya ada sisi dinding utama yang terlihat jelas untuk meletakkan tempat tidur, dan saya tidak suka terlalu pintar dalam penempatan — seperti memasang bingkai tempat tidur di tengah ruangan atau pada sudut tertentu di sudut,” kata dia.

Para desainer interior juga menyarankan untuk menempatkan tempat tidur di tengah dinding utama, daripada mendorong satu sisi ke dinding yang berdekatan.

“Memiliki ruang untuk berjalan di kedua sisi adalah kunci tidak hanya untuk aliran ruangan tetapi juga untuk memberi Anda ruang untuk merapikan tempat tidur Anda, jika Anda menyukai hal semacam itu,” imbuh Humphrey.

Baca juga: 8 Cara Merombak Kamar Tidur agar Terasa Baru dan Istimewa

2. Jangan takut dengan warna gelap

Jangan membatasi diri hanya pada warna putih atau warna-warna netral terkait warna cat dinding kamar tidur sempit.

"Saya tidak percaya keseluruhan dogma desain 'Jangan pernah mengecat ruangan kecil dengan warna gelap'," terang Humphrey.

“Mengecat ruangan (kamar tidur sempit) dengan warna abu-abu arang atau biru tua atau hijau zaitun bisa terlihat cantik dan seksi," tuturnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X