Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Pertimbangan Sebelum Membeli Mangkuk Makanan Kucing

Kompas.com - 23/01/2021, 08:57 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain memerhatikan kualitas makanan kucing agar tumbuh dengan sehat dan baik, ternyata pemilihan tempat makan atau wadah makanan kucing juga harus diperhatikan.

Hal ini berkaitan dengan kesehatan serta kualitas makanannya setelah diletakkan di dalam wadah.

Dilansir dari Chicago Tribune, Sabtu (23/1/2021) desain, kapasitas, hingga material wadah makanan kucing perlu diperhatikan. Hal ini memengaruhi pola makan dan kesehatan si kucing.

Baca juga: Jangan Asal, Ini Tips Memilih Makanan Kucing

Lantas, apa saja yang harus dipertimbangkan sebelum membeli mangkuk kucing? Berikut ulasannya.

Desain mangkuk

Desain mangkuk juga bisa memengaruhi pola makannya, misalnya desain mangkuk yang memiliki serangkaian tonjolan di dalam mangkuk dapat memperlambat makan kucing.

Mangkuk makanan lainnya dapat memiliki lubang di mangkuk yang tertutup, sehingga kucing Anda harus menggunakan cakarnya untuk membuang makanan sebelum makan.

Jenis makanan

Beberapa mangkuk kucing difungsikan untuk makanan basah atau kering. Kebanyakan mangkuk bergerigi cocok untuk makanan basah dan makanan kering, meskipun mangkuk dengan punggung yang sangat dangkal paling cocok untuk makanan basah.

Baca juga: Jenis Makanan Kucing yang Perlu Diketahui, Apa Saja?

Kapasitas

Periksa kapasitas keseluruhan untuk memastikan mangkuk pilihan Anda memenuhi kebutuhan kucing. Beberapa mangkuk kucing cukup menampung hanya untuk satu kali makan, sedangkan yang lain memiliki kapasitas lebih besar yang berfungsi dengan baik untuk beberapa kucing yang cenderung makan dari mangkuk yang sama.

Dasar anti selip

Alas anti selip membantu mencegah mangkuk tergelincir saat diletakkan di lantai yang keras, seperti ubin atau kayu keras.

Bahan

Plastik adalah bahan yang umum dan murah untuk mangkuk kucing, tetapi Anda juga dapat memilih mangkuk keramik. Mangkuk keramik dapat mencegah bakteri yang masuk serta permukaannya lebih kokoh daripada mangkuk plastik yang mudah keropos.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com