Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Kamar Tidur Minimalis

JAKARTA, KOMPAS.com- Kamar tidur merupakan salah satu ruang ternyaman di rumah. Setidaknya, seseorang menghabiskan sekitar delapan jam setiap malam untuk tidur di ruangan ini. Bahkan durasi itu bisa lebih banyak ketika seseorang lebih nyaman dan senang menghabiskan waktu di dalam kamar.

Untuk itu, penting menciptakan suasana senyaman mungkin di kamar tidur. Kenyamanan itu bisa didapat lewat berbagai faktor, mulai dari dekorasi, interior, warna kamar, hingga meletakkan tanaman di dalam kamar tidur.

Dilansir dari Goodhousekeeping, Kamis (22/4/21), NASA menemukan bahwa banyak tanaman populer seperti dracaena dan snake plant atau lidah mertua dapat membuang racun serta meningkatkan kualitas udara secara keseluruhan. Hal ini merupakan kunci untuk istirahat malam yang lebih bersih atau sehat. 

Jangan khawatir, meski kamar tidur tidak memiliki banyak jendela atau sinar matahari alami, Anda dapat memilih tanaman hias yang dapat bertahan dalam kondisi cahaya redup atau cenderung gelap.

Begitu pun, bila tidak memiliki cukup rak, meja rias, atau ruang cukup besar untuk meletakkan tanaman hijau, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggantungkannya. Lantas, tanaman apa saja yang dapat diletakkan di dalam kamar tidur berukuran kecil alias kamar minimalis? Berikut beberapa pilihannya. 

Lidah Mertua 

Memiliki bentuk vertikal seperti pedang, snake plant atau yang dikenal dengan lidah mertua adalah tanaman yang cocok diletakkan di setiap area kamar tidur. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Sansevieria ini menjadi tanaman hias yang populer selama beberapa dekade terakhi. Hal ini karena lidah mertua hanya membutuhkan sedikit cahaya juga air. 

Pothos 

Tanaman merambat yang kuat ini memiliki daun beraneka warna mengkilap, yang menggantung sempurna di atas meja rias atau rak. Tanaman ini lebih menyukai cahaya sedang, tetapi mampu juga beradaptasi dengan cahaya redup. 

Rubber Plant 

Daun mengkilap, gelap, atau beraneka ragam di tanaman tegak ini cocok diletakkan di ruang kecil mana pun. Meski lebih menyukai cahaya terang, terutama matahari pagi yang difilter, rubber plant dapat mentolerir cahaya rendah. Lakukan penyiraman seminggu sekali saat tanah agak mengering. 

Monstera 

Monstera biasa disebut swiss cheese plant karena mempunyai daun yang berlubang layaknya keju. Tanaman ini membutuhkan cahaya sedang dan penyiraman setiap minggu. Namun, bila Anda memiliki hewan peliharaan seperti anjing, kucing, dan hewan lainnya, sebaiknya hindari merawat tanaman ini karena daunnya dapat mengganggu. 

Anthurium 

Anthurium dapat bertahan hingga delapan minggu dengan bunga-bunga segar yang bermunculan secara teratur. Letakkan di tempat dengan cahaya terang dan kelembapan tinggi. Semakin banyak cahaya yang diterima, semakin sering Anda harus menyiramnya. Sebagai aturan umum, siram anthurium setiap seminggu sekali dan biarkan tanah mengering di antara penyiraman. 

Dracaena 

Dengan dedaunan yang dramatis dan tanda yang detail, tanaman hias satu ini cocok diletakkan dalam ruangan untuk mengisi ruang kosong serta mempercantik ruangan. Seiring berjalannya waktu, dracaena mampu tumbuh mencapai ketinggian sekitar 90 sentimeter.

Jadi, pastikan tanaman ini berada dalam ruangan yang tinggi dan besar. Selain itu, dracaena menyukai tanah yang ringan dan agak lembap. Untuk itu, cobalah menempatkan tanaman hias ini di dekat jendela untuk pertumbuhan optimal. 

Philodendron Heartleaf 

Untuk efek yang lebih besar, letakkan tanaman merambat berbentuk hati ini di atas meja rias atau meja samping tempat tidur. Philodendron heartleaf minim perawatan serta dapat mentoleransi cahaya redup. Untuk penyiramannya, lakukan penyiraman saat tanah sudah mulai sedikit mengering. 

Lavender 

Memiliki daun hijau keperakan dan bunga berwarna ungu, lavender dapat membuat area samping tempat tidur Anda menjadi cantik serta memberi aroma menenangkan. Ingatlah bahwa tanaman tahunan ini tidak akan bertahan selamanya di dalam ruangan, tetapi masih bisa bertahan selama beberapa bulan.

Lavender lebih menyukai cahaya terang di dalam ruangan dan sinar matahari penuh di luar ruangan. Jangan lupa melakukan penyiraman saat tanah agak kering. 

ZZ Plant

Daunnya yang berkilau serta bentuknya yang berani dan tegak membuat tanaman yang mencolok ini harus dimiliki untuk diletakkan di meja samping ranjang tidur atau ruang kosong di rumah. ZZ plant atau dikenal sebagai Zamioculas Zamiifolia mentoleransi tingkat cahaya yang sangat rendah dan tidak memerlukan penyiraman secara teratur. Untuk menjaganya tetap sehat, siram tanaman ketika tanah kering dan siram dengan jarak beberapa inci dari tanah. 

Lucky Bamboo 

Sesuai dengan namanya, tanaman yang tahan lama ini membawa keberuntungan dan pesona bagi siapa pun yang merawatnya. Lucky bamboo lebih menyukai cahaya sedang, tetapi bisa beradaptasi dengan cahaya rendah.

Jika ditanam di tanah, pertahankan agar tanah dalam keadaan sedikit lembap. Jika tidak, biarkan akar tetap tertutup air dan ganti air setiap minggu atau lebih.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/22/140500176/10-tanaman-hias-yang-cocok-diletakkan-di-kamar-tidur-minimalis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke