Kompas.com - 22/04/2021, 11:38 WIB
Ilustrasi sikat gigi mdphoto16Ilustrasi sikat gigi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamu pasti percaya bahwa menjaga kebersihan gigi itu adalah sebuah hal yang penting dilakukan rutin, tapi bagaimana dengan kebersihan sikat gigi yang kamu gunakan?

Untuk urusan membersihkan sikat gigi, masih banyak orang yang tidak memerhatikan betul masalah ini, sehingga banyak yang abai dan terkesan cuek.

Padahal, sikat gigi yang kamu gunakan menjadi perantara untuk membersihkan plak dan bakteri pada permukaan gigi dan mulut, sehingga sikat gigimu jadi membawa kuman dan residu dari mulutmu.

Baca juga: 10 Barang Ini Ada Tanggal Kedaluwarsanya, Sandal hingga Sikat Gigi

Oleh sebab itu, membersihkan sikat gigi harus kamu perhatian betul untuk menyingkarkan kuman dan residu dari mulut dan gigimu.

Apabila kamu berpikir bahwa membilas sikat gigi menggunakan air biasa sudah cukup untuk membersihkannya, maka lebih baik kamu tidak usah menyikat gigi.

Lantas bagaimanakah cara yang harusnya dilakukan setiap orang untuk membersihkan sikat gigi?

Dilansir dari beberapa sumber, Kamis (22/4/2021), berikut ini beberapa metode pembersihan sikat gigi setelah digunakan untuk membersihkan gigi.

Baca juga: 3 Kesalahan Meletakkan Sikat Gigi di Dalam Kamar Mandi

1. Cuci tangan sebelum dan sesudah menyikat gigi

Sebelum membersihkan sikat gigi, penting untuk mencuci tanganmu terlebih dahulu dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik setiap kali kamu akan menyentuh sikat gigi.

Tanganmu adalah kendaraan utama penularan bakteri dan virus, jadi mencuci tanganmu sebelum dan sesudah menyikat gigi akan membantu menghentikan penyebaran kuman ke dan dari bulu sikat gigimu.

2. Alirkan air panas sebelum dan sesudah digunakan

Dikutip dari Healthline, kamu dapat membersihkan sikat gigi dengan menyiram bulu sikat gigi menggunakan air panas sebelum dan sesudah digunakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Healthline
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X