Kompas.com - 22/04/2021, 12:56 WIB
Ilustrasi kucing mengejar ekornya sendiri. SHUTTERSTOCK/TONY CAMPBELLIlustrasi kucing mengejar ekornya sendiri.

JAKARTA, KOMPAS.com - Hal menyenangkan dari memelihara kucing adalah tingkah laku aneh dan tak terduga yang mereka lakukan, salah satunya adalah mengejar-ngejar ekornya sendiri.

Ketika kucing peliharaanmu mengejar ekornya sendiri, mungkin ini adalah pemandangan konyol yang mungkin menghibur dan membuatmu tersenyum.

Namun, jika kucingmu sering mengejar ekornya, pernahkah kamu berpikir dan bertanya apakah mereka baik-baik saja? Apakah hal ini normal dilakukan oleh seekor kucing?

Baca juga: Apakah Kucing Menyayangi Pemiliknya? Begini Cara Mengetahuinya

Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (22/4/2021), pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai alasan mengapa kucing bermain atau mengejar-ngejar ekornya sendiri.

Sama seperti anjing, beberapa kucing yang mengejar ekornya sendiri hanya untuk bersenang-senang.

“Beberapa kucing akan mengejar ekornya untuk hiburan, tetapi ini lebih jarang terjadi pada kucing daripada anjing,” kata Dr Sasha Gibbons dari Just Cats Veterinary Hospital di Stanford, Connecticut.

Namun, terkadang seekor kucing yang mengejar ekornya memiliki arti yang lebih dalam. Sayangnya, ada kalanya kucing yang mengejar ekornya menandakan alasan medis yang memengaruhi.

Baca juga: Simak, Cara Melatih Anak Kucing Buang Air di Kotak Pasir

Seekor kucing juga akan mengejar ekornya jika ada infeksi dan ekornya tidak nyaman, atau jika gatal karena alergi.

"Kucing juga dapat mengalami kondisi yang disebut sindrom hiperestesia, yang disebabkan oleh ujung saraf yang terlalu aktif, dan kucing merasakan sensasi geli di bagian ekor," ungkap Dr. Gibbons.

Stud tail (suatu kondisi ketika ekor kucing jantan memiliki kelenjar keringat yang aktif pada bagian atas ekor) adalah masalah lain yang mungkin berperan membuat kucingmu mengejar-ngejar ekornya.

Penting untuk mengetahui bahasa tubuh dan ekor normal kucingmu untuk memastikan ia tidak bertingkah karena alasan medis.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X